Aneh, Menteri Indonesia Tidak Paham Otsus Papua

JUBI — Sebagian menteri negara Republik Indonesia (RI) ternyata belum memahami Otsus (Otonomi Khusus) di Papua. Mereka kerap bingung dan tidak memahami kalau di Papua ada Otsus. Imbasnya,  ketika Orang Papua berbicara ‘atas nama’ Otsus, menteri tidak mengerti soal Otsus.

Hal ini terungkap saat Kamar Adat Pengusaha (KAP) Papua beraudiensi dengan para menteri untuk membicarakan koperasi di Papua, belum lama ini.

“Pada hal kami beraudiensi dengan menteri terkait, staf ahli dan bagian perencanaan. Kami bilang, KAP Papua ‘lahir’ dari Otsus. Tapi mereka justru tidak tahu-menahu tentang Otsus ini. Ini barangkali karena Papua luput dari perhatian pemerintah,” kesal Ketua KAP Papua Wilayah Nabire, Merry Costantina Yoweni, saat bertandang ke JUBI, di Jayapura, Papua, Sabtu (26/2).

Merry menilai, ketidaktahuan para eksekutif ini sebagai keengganannya berbicara tentang kemajuan Papua. “Padahal Sumber Daya Alam (SDA) Papua banyak yang diangkut ke Jakarta,” kesal Merry.

Lanjut Merry, organisasi yang di pimpinnya di Nabire merupakan tindak lanjut dari Otsus itu demi meningkatkan kesejahteraan orang Papua. Belakangan KAP Papua berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan membentuk koperasi-koperasi di seluruh kampung di Papua. (Timo Marten)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *