Persipura Tak Gentar Hadapi Lawan di AFC

JUBI — Pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago mengatakan, timnya sama sekali tidak gentar menghadapi lawan-lawan di Asian Football Confederation (AFC), meski Persipura terbilang berada di grup yang cukup berat.

“Secara individu, pemain kami tak kalah baiknya dari mereka. Namun dari segi wawasan bermain bola, memang harus diakui, lawan lebih baik dari kami. Karena dalam level internasional bakat alam harus diimbangi dengan pengetahuan tentang sepak bola dan wawasan bermain secara tim, ” kata Jacksen, Sabtu (26/2), di Jayapura.

Menurutnya, yang membedakan Persipura dengan lawan-lawan mereka di AFC hanya satu, yakni level permainan. Karena pembinaan sepak bola Tim Asia lainnya berjalan dengan baik, sehingga koletivitas bermain mereka sangat juga baik.

“Jika pemain bisa belajar dari kegagalan tahun kemarin, saat kami berlaga di Liga Champions Asia (LCA), maka bukan tidak mungkin tahun ini kami bisa meraih hasil yang lebih baik lagi,” ucapnya.  

Ia menjelaskan, saat berlaga di LCA tahun lalu, Persipura sedikit terkendala dengan faktor cuaca dan makanan saat melakoni laga tandang. Namun tahun ini sepertinya hal itu tidak akan jadi soal lagi, mengingat cuaca di Hongkong, Thailand dan India tidak jauh berbeda dengan iklim di Indonesia.

Mengenai kekuatan South China yang akan menjadi lawan perdana Persipura pada Tanggal 2 Maret mendatang, ia mengatakan, Persipura sama sekali tidak gentar menghadapi klub asal Hongkong itu, meski tim tersebut diperkuat Nicky Butt, mantan bintang Manchester United dan Mateja Kezman yang juga merupakan mantan pemain Chelsea.

“Tim ini memang merupakan salah satu tim yang dalam 10 tahun terakhir menonjol di Liga Hongkong. Baik dari segi materi maupun prestasi. Namun di lapangan tetap saja 11 lawan 11. Sekarang ini kuncinya hanya satu, kalau pemain bisa meningkatkan level permaianan dan wawasan bermain, kami pasti bisa meraih hasil yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Di AFC Persipura tergabung di Grup H bersama South China (Hongkong), India Kingfisher East Bengal (India) dan Chonburi FC (Thailand). Dan pagi tadi (26/2), Persipura telah berangkat ke Hongkong dengan memboyong sebanyak 19 pemain. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *