Cegah Pencurian, Badan Perpustakaan Papua Perketat Aturan

JUBI — Badan Perupustakaan Daerah Provinsi Papua melalui Kepala Sub Bidang Pelayanan Pustaka, Eli Warobai mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan berlobi dengan biro hukum untuk mengaudit sejumlah pasal terkait pemberian sanksi kepada pengunjung bila kedapatan aksi pencurian saat mengunjungi perpustakaan daerah.

“Pasal penentuan sanksi kepada pengunjung akan dipajang di setiap ruangan baca dan ruangan stok buku perustakaan supaya para pengunjung tetap ekstra waspada dan menghindari aksi pencurian,” ujarnya, di Jayapura, Senin (28/2). Terkait hal itu, kata dia, dalam waktu dekat pihak pustakawan akan melakukan gelar rapat akbar untuk menyusun draft terkait rencana penyusunan pasal bagi pihak yang melanggar atau lalai terhadap aturan pustaka.

Rencana penyusunan pasal hukum bagi para pengunjung Perpustakaan Daerah Provinsi Papua dinilai sebagai langkah alternatif untuk menyikapi dan mencegah kelalaian para pengunjung saat berada di area perpustakaan. Sejalan dengan itu, Eli Warobai mengaku pihaknya belum melakukan pendataan akurat jumlah buku per eksemplar setiap tahun. Artinya, sekedar mengecek jumlah buku yang telah hilang atau dibawa kabur pengunjung. (Karolus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *