Papua Shekinah Medical Foundation Akan Hadir Di Jayapura

JUBI — Yayasan Layanan Kasih/Kahadiran Tuhan dibidang Kesehatan di Papua (Papua Shekinah Medical Foundation) akan terbentuk dan berpusat di Jayapura. Yayasan ini akan menghimpun para dokter dan relawan sosial. Selain itu, akan berjaringan dengan lembaga lain.

Demikian disampaikan Koordinator Papua Shekinah Medical Foundation, Rica Kapisa kepada JUBI dalam sebuah pertemuan di Yayasan Amal Kasih di Abepura, Minggu (27/2) sore. “Saya akan usahakan kedepan yayasan ini berbadan hukum. “Dalam waktu dekat ini saya akan urus ketentuan hukum yang harus dipenuhi,” katanya.

Rica menjelaskan, nama yayasan itu sebagian diambil dari bahasa Ibrani dan lainnya lagi dari bahasa Inggris. Nama Shekinah adalah bahasa Ibrani yang artinya Tuhan hadir dalam keluarga  atau kehadiran Tuhan disuatu tempat. Sementara kata Medical dan Foundation dari bahasa inggris. Medical artinya kesehatan, kemudian Foundation yaitu Yayasan atau suatu badan.

Pembantu Dekan III Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih ini menuturkan, berdirinya Yayasan itu dilatari oleh minat dan tekad untuk fokus dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Bagi dia, kebanyakan para dokter sibuk dengan kesibukannya. Sehingga layanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat terabaikan, baik  bagi warga  yang berada di kota maupun di daerah pedalaman Papua.

“Dengan demikian kehadiran Yayasan ini bertujuan menghimpun para dokter yang ada untuk memberikan sedikit waktunya guna  melayani masyarakat sesuai profesinya. Para dokter juga akan dituntut untuk membagi ilmunya kepada  para anggota yang bergabung dalam Yayasan ini untuk melayani warga diwilayah pedalaman Papua,” jelasnya.

Lanjut Rica, tak hanya layanan kesehatan, layanan pendidikan juga sampai saat ini juga belum menyentuk semua daerah di Papua terutama di perkampungan yang jaraknya cukup jauh dari Kota. “Sampai sekarang banyak anak-anak di daerah pedalaman Papua sama sekali belum tau baca dan tulis,” tandasnya.

Perempuan asal Biak ini mengungkapkan, kedepan dirinya akan mengupayakan Yayasan menjadi suatu badan yang berlandaskan hukum. “Mungkin minggu depan sudah ada landasan hukumnya. Saya akan usahakan aturannya,” ujarnya. Kata dia, bagi anggota yang berminat dapat mendaftarkan dirinya sebagai  relawan dan bersedia melayani warga Papua yang tinggal di kawasan perkampungan. Yayasan ini juga akan berjaringan dengan pihak lain seperti Gereja, LSM, Yayasan dan lembaga sosial lainnya. Jaringan itu dinamakan Papua Mission Network.

Dari data yang diperoleh JUBI, Visi Shekinah Medical Foundation yaitu, memang kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang (Efesus 5 : 8).  Sementara Misi dari Shekinah Medical Foundation terbagi atas tiga bagian. Pertama, memperlengkapi para penginjil, sukarelawan pekerja sosial untuk menjadi kader kesehatan melalui pendidikan dasar, pelatihan kesehatan praktis dan kesehatan lingkungan dalam menjangkaku 14 wilayah suku terabaikan atau daerah yang belum ada tenaga kesehatan.

Dua, Memperlengkapi para penginjil dan sukarelawan pekerja sosial melalui pendidikan dan pelatihan dalam bidang pendidikan dasar psikologi bagi orang tua dan anak usia sekolah. Ketiga, memperlengkapi para dokter, perawat, bidan dan mahasiswa kedokteran dengan pendidikan dan pelatihan sosial budaya, agama, ekonomi  linkgungan hidup dan teknik untuk melayani warga disuku terbaikan. (Musa Abubar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *