Penduduk Papua Capai 2, 83 Juta Jiwa

JUBI — Sedikitnya jumlah penduduk di Provinsi Papua menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Papua sejak Tahun 2010 mencapai 2.833.381 orang atau sekitar 2,83 juta jiwa. Jumlah tersebut berkisar antara usia basata (bawah satu tahun) hingga 75 tahun keatas.

“Data ini kami peroleh berdasarkan data statistik Tahun 2011 menurut tingkatan usia,” kata Kepala BPS Papua, Djarot Soetanto, di hadapan wartawan, di Jayapura, Papua, Selasa (1/3). Data yang di peroleh JUBI dari BPS Papua disebutkan, pria berjumlah 1.505.883 orang, sementaranya sisanya adalah perempuan.

Tetapi, menurut tempat tinggalnya, Kota Jayapura berada posisi paling atas dengan jumlah 256.705 jiwa, menyusul Kabupaten Jayawijaya dengan jumlah 196.085 jiwa. Sedangkan Merauke berada pada urutan ketiga, dengan jumlah 195.716 orang. Kabupaten Supiori berjumlah penduduk paling rendah dengan jumlah 15.874 jiwa.

Djarot melanjutkan, masih ada kemungkinan untuk mendata berdasarkan fertilitas dan migrasi atau arus balik penduduknya. Namun, ia mengakui memang faktor kelahiran diprediksi membludak. “Memang tingkat kelahiran di Papua sangat tinggi. Dalam rilis selanjutnya kami akan melaporkan jumlahnya berdasarkan fertilitas dan migrasi.”

Menurut sukunya, Penduduk Papua berjumlah 76 persen, selebihnya penduduk non-Papua atau pendatang. Kabupaten Nabire, Mimika, Keerom, Merauke dan Kota Jayapura merupakan penduduk dengan mayoritas non-Papua dengan persentasi 47,82 persen di Nabire dan 35,14 persen di Kota Jayapura. (Timo Marten)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *