Barnabas Suebu Didesak Tanggung Jawab Tambang Liar Degeuwo

JUBI — Asosiasi Intelektual Suku Wolani-Moni (AISWM) kembali mendesak gubernur Papua, Barnabas Suebu untuk bertanggungjawab atas penyelesaian tambang emas liar di Degeuwo, Paniai sebelum meletakkan jabatannya sebagai gubernur.

“Kami mendesak Barnabas Suebu agar mencabut izin yang kini masih berada di biro hukum provinsi Papua yang dikeluarkan bupati kabupaten Paniai,” kata Ketua AISWM, Thobias Bagubau, saat dikonfirmasi Jubi, di Jayapura, Kamis (31/3).

Pasalnya pemerintah daerah (Pemda) kabupaten Paniai telah mengeluarkan surat izin ilegal atas operasi penambangan emas yang ‘memakan’ banyak korban ini.

Ironisnya, dua bulan lalu (4/2),  Kepala Dinas Pertambangan Provinsi Papua, John Karubaba, mengatakan, tambang emas ini tidak mengantongi izin dari pihaknya.

Sejak saat itu pula, Ketua Komisi A DPR Papua, Ruben Magay menyatakan, siap membentuk tim khusus gabungan dari berbagai instansi untuk meninjau sekitar lokasi. Namun, hingga saat ini, kata Thobias, belum jelas.

“Sebagai orang tertinggi, Gubernur harus bertanggung jawab.”

Bagubau melanjutkan, jika sampai April mendatang, pemerintah tidak segera menangani pengoperasian tambang ini, pihaknya akan menduduki kantor DPR Papua di Jayapura. (Timo Marten)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *