Apa Sebenarnya Masalah Perempuan Papua?

JUBI —  Lien Maloali, salah satu peserta dalam Seminar Sehari ‘Membangun Perdamaian Dalam Perspektif Perempuan Papua’  yang dilakukan Tiki’ Jaringan Kerja HAM Perempuan Papua pada hari ini (29/4) di Waena mempertanyakan apa sebenarnya yang menjadi masalah Perempuan Papua.

“Hal ini menjadi tanda tanya oleh saya hingga saat ini. Karena, bila kita memilah budaya kita di Papua, kita harus jujur mengakui bahwa kita, Orang Papua beragam. Bukanlah hal yang mudah untuk dapat memahami persoalan dari teman-teman perempuan lain yang berasal dari 7 wilayah adat dengan budaya yang juga berbeda.

Secara global, persoalan perempuan di seluruh dunia adalah masalah security (keamanan). Hal ini ditandai dengan lahirnya Resolusi PBB, HR.  1325 tentang keamanan bagi perempuan yang bertujuan meminimalisir tindak kekerasan, baik fisik maupun psikologis terhadap perempuan. Hal ini juga dialami oleh Perempuan Papua saat ini.

Di sisi lain, Maloali juga mempertanyakan pentingnya  seorang Perempuan Papua menjadi pemimpin di Tanah Papua. “Ini pertanyaan yang perlu dilontarkan untuk sekedar mengganggu pikiran teman-teman Perempuan Papua yang dapat dijadikan motivasi bagi Perempuan Papua untuk terus maju dalam berbagai bidang untuk menjadi pemimpin,” kata Maloali menutup pembicaraan. (Aprila Wayar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *