Calon Independen Pilgub Papua Capai Tiga Pendaftar

JUBI — Sebanyak tiga pasangan resmi mendaftarkan diri untuk maju dalam pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur, mereka adalah Drs.Wellington Wenda dan Ir.Weynand Watori, DR.Noac Nawipa dan Johanes Wop, serta Dr. Jhon Karubaba dan Sipora Modouw, mereka diterima oleh Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum ) Provinsi Papua Benny Sweny, di kantor KPU Papua Dok-II Jayapura, Jumat (29/4).

Ketua KPU Papua Benny Sweny kepada wartawan mengatakan bahwa pihaknya akan meneliti jumlah dukungan yang dilampirkan oleh para calon, direncanakan Senin (2/5), akan dikebalikan kepada pasangan calon untuk dilengkapi yang kurang, selanjutnya akan diserahkan kepada KPU Kabupaten/Kota untuk selanjutnya dilakuakn ferifikasi soal kebenaran dari data ini, sebab ada yang mungkin pindah alamat, ada yang sudah meninggal, ada juga Pensiunan TNI/Polri, bahkan ada juga remaja yang memasuki usia 17 tahun atau yang sudah menikah, semuanya akan diferifikasi oleh KPU Kabupaten dan Kota, selanjutnya 7 Juni mendatang, akan diumumkan siapa calon independen yang lolos.

“Semua akan diumumkan siapa yang lolos verfikasinya, selanjutnya bersama dengan calon dari partai akan mendaftarkan diri sejak 13-20 Juni.” paparnya.

Sementara itu, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Hasyim Sangaji mengatakan bahwa undang-undang memperbolekan akan hal itu, hanya saja sebelum maju calon yang beradal dari Bupati tersebut harus melaporkan ke Menteri dalam negeri (Mendagri), nanti waktu kampaye baru dirinya cuti.

“Jadi Bupati tidak undur dari jabatannya, hanya izin cuti saat 14 kampaye nanti, artinya siang dia bisa kampaye, sementara malam hari bisa kembali lagi menjadi Bupati.”terangnya.

Saat disinggung soal dana Pemilukada yang akan dibutuhkan untuk pelaksanaan pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur, Benny mengaku akan jumlah yang diusulkan sebanyak Rp.300 Milyar. “Pada prinsipnya Pemerintah Papua siap membekap.”tambahnya.

Sebelumnya KPU Papua telah membuka pendaftaran bagi jalur independen sejak 26 April lalu, ternyata dihari terakhir baru para pasangan calon independent mulai ramai-ramai mendaftarkan diri.

Pendaftar pertama yang duluan mendaftarkan diri adalah  pasangan Drs.Wellington Wenda dan Ir.Weynand Watori pukul 12.00 WIT, diikuti oleh pasangan DR.Noac Nawipa dan Johanes Wop, sekitar pukul 14.30 WIT, sementara pendaftar yang terakhir adalah pasangan Dr. Jhon Karubaba dan Sipora Modouw.  (Eveerth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *