Pemda Mimika Awasi Pesawat Putih Dari Amerika Serikat

Jubi — Terkait dengan adanya larangan pemerintah daerah Kabupaten Mimika tentang penyebaran virus melalui atau oleh hewan dari luar papua, maka Pemda Mimika melalui dinas terkait sedang mengawasi pasokan hewan ternak serta daging anjing, sapi dan babi.

Demikian disampaikan petugas para medis Dinas Peternakan, Tanaman Pangan dan perkebunan Mimika, Magdalena Ema, Jumat (29/4). “Kami melakukan pengawasan di bandara udara terutama pesawat putih Amerika (serikat) yang tiap bulan masuk Timika,” katanya.

Sebab, berdasarkan catatan investigasi Dinas terkait, kasus flu babi, penyakit rabies pada babi dan lainnya rawan melalui ternak maupun daging yang dipasok dari luar Papua.
“Kalau ada ternak atau daging dari luar Papua, petugas pasti periksa dan kalau ada temuan kami musnahkan, jawabnya kepada wartawan.

Terkait dengan kasus-kasus tersebut, belum lama ini Dinas Peternakan melalui petugas karanatina dan pengawas binatang peternakan Mimika, telah memusnahkan sejumlah produk. Diantaranya, 400 kilogram daging anjing (RW) beberapa minggu lalu serta 1 kilogram daging sapi dari luar Papua yang dipasok melalui pelabuhan Portsites milik PT. Freeport Indonesia.

“Kalau kita kasih lepas, atau tidak awasi, kami takut kasus kematian babi 95 persen, pada beberapa tahun sebelumnya atau dampak lainnya akibat penyakit pada hewan atau ternak akan terulang kembali,” ujarnya. (Welly)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *