Bakti Sosial TNI Di Puncak Jaya Untuk Membangun Rakyat

JUBI — Kegiatan bakti sosial  Tentara Nasional Indonesia (TNI) Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderasih, Papua, adalah untuk membangun hubungan dengan masyarakat dan ingin membantu proses percepatan pembangunan di Kabupaten Puncak Jaya.

Demikian dikemukakan oleh Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Erfi Triasunu, saat meninjau persiapan lokasi kegiatan Puncak Jaya. “Kami ingin membantu pembangunan yang sedang dikerjakan pemerintah, terlebih di daerah yang masih di pedalaman, sehingga bahkti sosial ini kami adakan di Puncak Jaya, selain untuk membantu masyarakat setempat,” ujar Pangdam dalam arahannya kepada prajurit TNI yang hadir.

Dia menjelaskan bahwa kegiatan bakti sosial akan berlangsung selam empat bulan, yakni dari Bulan Mei – Agustus 2011. Berbagai program fisik dan non fisik akan dilakukan selama bakti sosial ini. Seperti membangun gereja dan jembatan serta infrastruktur lainnya.

“Kita ingin meningkatkan citra TNI, sehingga ada kesan dari senior bahwa kita harus manunggal dengan rakyat dan baik-baik dengan warga masyarakat. Prajurit harus bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dan sepenuh hati. Apa kita bisa melaksanakan tugas dengan sepenuh hati?” ajak Pangdam kepada anggota TNI.

Sementara itu, Asisten Teritorial Kasad Brigjend TNI Zul Effendi, menegaskan bahwa dalam kegiatan bakti sosial ada maksud dan tujuan yang ingin di capai, yakni dalam rangka membantu percepatan pembangunan di Puncak Jaya.

“Hal ini sesuai dengan  pasal 8 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2008, dimana termuat adanya pelaksanakan pemberdayaan pertahanan serta pembinaan teritorial, yang didalamnya dijabarkan bhakti sosial juga,”

“Sebenarnya kita ingin menggugah rasa kepekaan dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar, termasuk kepekaan bidang ideologi pertahanan keamanan,” katanya.

Dirinya berharap, para prajurit bisa bekerja dalam kegiatan bakti sosial secara baik, termasuk bersatu dengan masyarakat. “Selain menjaga persatuan dan kesatuan serta keamanan negara,” tandasnya.

Pantuan JUBI dengan kedatangan petinggi TNI juga disambut oleh Koramil 1705-05 Puncak Jaya, Papua. (Eveerth Joumilena)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *