Bakti Sosial TNI Tidak Terkait Kasus Tingginambut

JUBI — Asisten Teritorial Kasad Brigjend TNI Zul Effendi, mengatakan  bahwa kegiatan bhakti sosial dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodam XVII/Cenderawasih tidak terkait dengan pengamanan wilayah akibat beberapa peristiwa yang terjadi sebelumnya di Distrik Tingginambut, Puncak Jaya, Papua.

“Bakti sosial sudah menjadi program dari TNI, sehingga tidak terkait dengan berbagai peritiwa yang terjadi di Puncak Jaya, termasuk peristiwa yang sering terjadi di Tingginambut,” kata Brigjen Zul Effendi, di Puncak Jaya, Minggu (1/2)

Ditambahkan, kegiatan di Puncak Jaya adalah sebagai wahana dan contoh, agar apa yang dilakukan dan manfaatnya dapat dijadikan percontohan dan ini merupakan yang pertama di tahun 2011, sehingga tidak menutup kemungkinan daerah lain di tanah Papua untuk buat hal yang sama.

Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Erfi Triasunu, menambahkan bahwa kegiatan ini untuk membantu percepatan pembangunan, sehingga jika ada yang mendukung terus kita bina. Dan bagi saudara-saudara kita yang berseberangan kita akan melakukan pendekatan persuasif untuk mengajak mereka membangun daerah.

“Kita tidak pernah berpendapat mereka Organisasi Papua Merdeka (OPM), tetapi mereka adalah saudara-saudara kita yang berseberangan,” paparnya.

Ditambahkan, terkait jumlah personil saudara-saudara kita yang berseberangan belum bisa dipastikan, akan tetapi keberadaan mereka masih ada dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. “Intinya mereka tetap kita dekati dan ajak untuk kembali,”persuasif tetap dilakukan. Hanya mereka belum familiar, sehingga mereka kita dekati lewat saudara-saudaranya,” lanjut Pangdam XVII Cenderawasih ini.

Untuk melakukan pendekatan ada operasi penunggalan, kata dia, dengan demikian kita mengadakan bakti sosial, sekaligus memperingati Papua berintegrasi kedalam wilayah Negara Republik Kesatuan Indonesia (NKRI), dengan cara mengibarkan dan memasang bendera di gunung-gunung.

Pantuan JUBI di Puncak Jaya, beberapa bukit gunung di pasang bendera merah-putih dan spanduk bakti sosial bertuliskan “Kasih dan Damai itu indah, sebagai semangat bahkti TNI di Kabupaten Puncak Jaya”.

“Semoga kegiatan ini bisa berjalan baik, terutama komitmen TNI dalam mewujudkan program bhakti sosial membantu pemerintah dan masyarakat dalam proses percepatan pembangunan,” harap salah satu warga Mulia, Korinus. (Eveerth Joumilena)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *