Jangan Manjakan Rakyat Dengan Uang

JUBI — Stevanus Kaisma, Wakil Bupati Kabupaten Mappi  mengatakan para pejabat di Papua jangan biasa memanjakan rakyat atau Orang Papua dengan uang atau bantuan-bantuan. Sebab nantinya akan mematikan kreatifitas dan perkembangan orang Papua untuk bisa mandiri dinegerinya sendiri.

“Jangan manjakan masyarakat dengan bagi-bagi uang karena itu akan membuat mereka konsumtif.” kata Stevanus kepada JUBI, (31/5)

Dia menjelaskan para pimpinan atau pemerintah di Papua harus bisa mengedepankan pembinaan serta pemberdayaan bagi masyarakat, agar bisa menemukan kreatifitasnya untuk mengolah seumber daya alamnya sendiri. Jangan lagi pemerintah membagi miliaran-miliaran dana ke kampung dan mengatakan masyarakat yang mengelolanya. Sebab belum semua masyarakat mampu mengelola dana dalam jumlah besar.

“Sebaiknya kalau ada dana atau bantuan digunakan saja untuk membina masyarakat.” ujarnya

Ditambahkan, dalam memberikan bantuan dan pembangunan juga harus bisa sesuai dengan apa yang masyarakat butuhkan. Jangan masyarakat butuh akses jalan raya untuk bisa memperlancar transportasinya malah yang pemerintah bangun adalah hotel.  

“Dalam mengambil kebijakan dan pembangunan harus sesui dengan apa yang masyarakat butuhkan. Jangan sesuai apa yang pemerintah inginkan, agar ada proyek.” tuturnya.  (Yarid AP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *