Petugas SAR Merauke Sudah Terlatih

JUBI–Petugas SAR Cabang Merauke telah dilatih  untuk memberikan pertolongan kepada siapa saja yang mengalami musibah kecelakaan laut, termasuk  yang dialami Feri Kurniawan bersama Dompit beberapa waktu lalu. Oleh karena jalur di  Wambi menuju Okaba tidak bisa dilalui kendaraan roda empat, maka sepeda motor yang telah  ‘disulap’  sebagai alternatif  agar bisa membawa korban.

Hal itu disampaikan Kepala Badan SAR Cabang Merauke, S. Samijan yang dihubungi JUBI melalui ponselnya, Selasa (31/5). “Memang untuk bisa sampai ke Okaba, tidak ada jalur darat yang dilalui kendaraan roda empat. Sehingga, kita menyiapkan peralatan untuk  membantu korban Dompit agar sampai ke Okaba. Semua peralatan untuk membungkus  korban dan mengikat dari luar, telah dipersiapkan lama. Jadi, bukan dengan kejadian tersebut baru kita menyiapkan,” ujarnya.

Samjian juga mengaku, petugas SAR telah dilatih dan tidak mungkin merasa ketakutan atau gugup tatkala membonceng mayat korban. Karena sudah merupakan tugas serta tanggungjawab yang harus dilaksanakan. Itulah tugas orang SAR untuk memberikan pertolongan, ketika ada musibah kecelakaan laut yang dialami. “Ya, masyarakat pasti merasa ketakutan tatkala melihat petugas SAR membonceng mayat,” tutur dia.

Ditambahkan, saat membawa mayat tersebut, yang harus diperhatikan adalah keseimbangan. Karena jika tidak berhati-hati, bisa saja terjatuh. Olehnya, Komandan Pos (Danpos) SAR Okaba  bisa membonceng almarhum Dompit dengan baik hingga ke Okaba, meskipun kondisi ruas jalan yang sangat memprihatinkan. (ANS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *