10 Persen Orang Indonesia Tak Paham Pancasila?

JUBI — Badan Pusat Statistik (BPS) dalam survei yang dilakukan sejak 27-29 Mei 2011 di 181 kabupaten, 33 provinsi menyebutkan, sedikitnya 10 persen dari penduduk Indonesia hingga kini  tak mengetahui Pancasila sebagai salah satu pilar Indonesia. Setidaknya ada empat pilar dalam negara Indonesia, yaitu, Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Repiblik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika.

“Tujuan utama survei adalah untuk untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman masyarakat tentang pentingnya 4 pilar kehidupan bernegara,” kata Kepala BPS Papua, Djarot Soetanto, di hadapan wartawan, di Jayapura, Papua, Rabu siang menjelaskan..

Survei ini untuk memahami cara paling tepat dan efektif guna memahami nilai-nilai moral yang dikandung Pancasila. Sekitar 99 persen, menurut BPS, masyarakat mengetahui adanya Pancasila. Sementara tiga pilar lainnya, BPS menyebutkan, sekitar 80-90 persen masyarakat mengetahui UUD ’45 sebagai salah satu pilar, 67-.78 persen mengetahui NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Sementara itu, dari daerah tujuan survei, 10,6 persen masyarakat tak menyebutkan Pancasila secara lengkap, di  pedesaan 14 persen, pada kelompok elit 9 persen, dan generasi muda 11 persen. Di Papua, sedikitnya survei ini diwakili 6 kabupaten, yaitu, kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Merauke, Mimika, Nabire, dan Biak.

“Ada 126 responden, diacak. Sudah ditentukan beberapa tokoh agama, mahasiswa, dan elit. Itu mewakili semua,” tegas Djarot Soetanto.

Namun, Soetanto mengaku, menurut surveinya, sebagian besar responden menganggap, keberadaaan keempat pilar di Indonesia ini diperlukan. (Timo Marten)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *