Rumere: Nilai Pengabdian Guru Sudah Luntur

JUBI — Lourens Rumere, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tolikara menilai, nila-nilai pengabdian guru di daerah Pegunungan Tengah Papua saat ini mengalami pergeseran nilai dan bahkan sudah luntur.

“Rupanya nilai-nilai untuk pengabdian itu luntur,” kata Rumere pada JUBI hari ini, Kamis (30/6) di Karubaga.

Dirinya juga mengatakan, saat ini, selain guru-guru mendapat gaji, Pemerintah Daerah Kabupaten Tolikara juga memperhatikan insentif mereka setiap triwulan.

“Kemudian ada tunjangan-tunjangan fungsional dari pusat. Malah dalam tahun ini, selain insentif; guru-guru ada mendapatkan tambahan penghasilan,” tutur Rumere.

Rumere membandingkan pada saat ia masih berada di lapangan dan menjadi guru, dirinya tidak mendapatkan tunjangan ataupun fasilitas dari pemerintah saat itu. Hanya pengabdian kepada Masyarakat Adat Papua saja yang menjadi motivasinya dalam bekerja bersama rekan-rekannya saat mulai membuka isolasi Daerah pegunungan Tengah Papua dengan membangun sekolah-sekolah darurat.

“Jadi, waktu lalu kalau kita lihat seperti itu, faktor-faktor pendukung seperti rumah maupun tunjangan-tunjangan tidak ada  tetapi itu tidak bisa dijadikan alasan karena perkembangan dalam konteks kehidupan social masyarakat jadi kita harus perhatikan kebutuhan guru-guru ini. Kami terus mengupayakan seperti itu; tapi sekali lagi, kelihatan dengan jelas bahwa pergeseran nilai telah terjadi sehingga nilai pengabdian itu sudah luntur,” papar Rumere.

Sebagai pendidik, rumere berharap dengan berbagai fasilitas yang disediakan baik Pemerintah Pusat maupunPemerintah Daerah, guru-guru dapat menjalankan tugasnya di lapangan dengan baik. Baginya, tugas guru adalah berdiri di depan kelas dan bukan di tempat lain.

“Anak-anak kita , generasi ini mau bawa kemana? Kalau guru sendiri tidak menyadari tugas dan tanggung jawabnya dan hanya  mau tuntut terus?” Tanya Rumere mengakhiri wawancara. (Aprila Wayar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *