Persidafon Akan Jadi ‘Kuda Hitam’ Di LSI

JUBI — Pelatih Persipura U-15, Fernando Fairyo yakin jika tim sepak bola asal Papua, Persidafon Dafonsoro yang dimusim depan akan promosi ke Liga Super Indonesia (LSI) akan menjadi salah satu tim ‘Kuda Hitam’.

“Persidafon akan seperti Semen Padang musim lalu. Dimana mereka adalah tim promosi dan tidak diunggulkan, namun justru bisa membuat kejutan dan bersaing dengan tim-tim besar LSI. Bahkan mereka finis dizona 5 besar pada akhir kompetisi. Saya yakin Persidafon juga akan seperti itu,” kata Nando Fairyo kepada Tabloidjubi.com, Senin 1Agustus.

Menurutnya, ‘Gabus Sentani’ tentu sudah banyak belajar dari pengalaman saat berlaga di Divisi Utama lalu. Sehingga ketika tampil di LSI, mereka akan membenahi beberapa kurangan yang ada tim. “Jadi saya rasa manajemen sudah pasti tahu apa yang terbaik bagi tim agar bisa bersaing di kompetisi tertinggi Indonesia musim depan,” ujarnya.

Walau demikian dikatakan Nando Fairyo, perekrutan pemain harus ditentukan oleh pelatih yang nantinya akan menangi Persidafon. Dan manajemen harus menuruti permintaan pelatih dalam memilih skuad. “Karena pelatih lebih tahu pemain mana yang sesuai dengan kebutuhan tim dan strategi yang nantinya akan diterapkan. Namun saya rasa manajemen akan memberikan dukungan penuh, karena target mereka ingin bersaing di ISL,” terang kapten Persipura era-90an itu.

untuk kategori pelatih seperti apa yang tepat menangani Eduard Ivakdalam dkk di kompetisi LSI. Dikatakannya, juru taktik tersebut harus benar-benar ,mengerti karakter bermain pemain Papua. Jika tidak, maka sulit untuk menyatukan visi bermain tim.

“Kemungkinan manajemen akan mencari pelatih seperti itu. Saya dengar  mereka sudah mengincar beberapa nama seperi, Rahmad Darmawan dan Rudi Kaljets. Kedua pelatih ini sudah pernah melatih di Papua. Jadi sudah tahu betul tipikal bermain anak-anak Papua. Kalaupun pelatih lain yang direkrut, dia harus tahu banyak tentang gaya bermain sepak bola Papua,” tandas Nando Fairyo. (J/09)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *