Pemilukada Dogiyai Telan Dana Rp. 19 Miliar

JUBI — Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Dogiyai, Papua,  mendapat dukungan pemerintah daerah setempat dengan kucuran dana sebesar Rp. 19 Miliar.

Dukungan dana tersebut diakui Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Dogiyai,  Drs. Fabianus Yobee, sekaligus menjelaskan bahwa penyelenggaran pemerintahan di Dogiyai tetap berjalan dan lancar. Walaupun di sisi lain, terkait pilkada terjadi pergantian anggota KPUD Dogiyai. Dijelaskan, pendanaan telah di tanda tangani pada tanggal 21 Desember 2010 dan bulan April 2011, sehingga tidak ada kendala.

“Total 15 milyar ditambah dana perubahan kurang lebih sembilan belas (19) miliar. Dalam hal ini KPUD Dogiyai mendapat Rp. 15 miliar, Panwas Dogiyai 1, 5 miliar dan Kepolisian sebesar 2,5 miliar,” ungkapnya.

Ditegaskan, bahwa aktivitas penyelenggaraan pemerintahan di Dogiyai tetap berjalan efektif, termasuk mendukung percepatnya proses tahapan Pemilukada.
“Kalau tidak ada halangan, mungkin Pemilukada akan berlangsung dalam tahun 2011 ini, walaupun belum pasti bulan apa,” katanya.

Sebelumnya KPUD Dogiyai mengalami pergantian anggota lalu melantik Pengganti Antar Waktu (PAW) pada tanggal 16 Juli 2011.
“Kiranya anggota KPUD PAW bisa bekerja dengan profesional dan independen, sehingga pada tahun 2012 Kabupaten Dogiyai sudah memiliki bupati definitif,” demikian harapan Sekda Fabianus, yang dibenarkan Kabag Pemerintahan Dogiyai, Markus Airuri.

Berdasarkan hasil pencacahan Sensus Penduduk 2010, jumlah penduduk Kabupaten Dogiyai sementara adalah 83.324 orang, yang terdiri dari 42.018 orang laki-laki dan 41.306 perempuan. Penyebaran penduduk Kabupaten Dogiyai tidak terpusat pada satu distrik saja, artinya tidak ada distrik yang dominan sebagai tempat pemusatan penduduk. (J/O5)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *