Akademi Kebidanan Akan Dibuka Di Merauke

JUBI — Direktur Politeknik Kesehatan (Poltekes) Jayapura, Isak JH Tukayo, M.Kes mengungkapkan, dalam waktu dekat  akan dibuka Akademi Kebidanan (Akbid) di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

“Hal itu dilakukan guna  bisa membantu dalam menekan tingginya angka kematian ibu dan bayi yang terjadi dari tahun ke tahun. Ini adalah suatu komitmen dari provinsi yang akan segera ditindaklanjuti,” kata Isak JH Tukayo, M.Kes, saat ditemui JUBI di Merauke, Sabtu (29/10) kemarin.

Dikatakan, bahwa kita masih kekurangan 3000 bidan untuk ditempatkan di tingkat kampung-kampung. Salah satu terobosan yang dapat dilakukan adalah dengan membuka Akbid di sejumlah kabupaten. Sehingga ketika mereka sudah selesai studi, dapat ke kampung-kampung untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Untuk mendirikan Akbid, tentunya harus dipersiapkan terlebih dahulu fasilitas pendukung seperti bangunan kampus dan juga staf pengajar. Jika itu sudah ada, otomatis kegiatan perkuliahan akan berjalan,” ucapnya menjelaskan.

Diakui hingga kini pihaknya memiliki beberapa staf pengajar kebidananan yang telah sselesai kuliah dari Bandung dan sedang bertugas di Merauke. Jika masih ada kekurangan, otomatis akan didatangkan lagi dari Jayapura.

Sementara itu, Ketua Prodi Akademi Keperawatan (Akper) Merauke, Karolus Kerok mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung langkah dari provinsi untuk membuka Prodi Kebidanan di Merauke. Karena program studi tersebut, sangat diminati banyak orang. “Saya yakin jika program itu dibuka, banyak orang yang akan berminat,” tandasnya. (JUBI/ANS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *