Diperkirakan Kelompok Baru Penembak Kapolsek Puncak Jaya

JUBI — Kapolres Puncak Jaya AKBP Alex Korwa mengatakan kelompok separatis bersenjata Organisasi Papua Merdeka ( OPM)  yang melakukan penembakan terhadap Kapolsek Mulia Kabupaten Puncak Jaya – Papua Kompol (Anumerta) Dominggus Otto Awes diperkirakan berjumlah  60 orang  dan adalah kelompok baru.

“Mereka adalah kelompok baru yang mengklaim membentuk Kodap X, dengan kekuatan kelompok baru ini diperkirakan sekitar 60 orang, dimana mereka memiliki senjata api laras panjang sebanyak 6 pucuk dan laras pendek 2 pucuk,” kata AKBP Alex Korwa, kepada pers di Jayapura, Selasa (1/11).

Dikatakan, kelompok ini  mengklaim dari Kodap X Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka.  (TPN/OPM). “Mereka mengaku Kodap baru dan merupakan afiliasi dari Markas OPM yang bermarkas di Tingginambut,” lanjutnya.

Ketika ditanya terkait kondisi terakhir di Kabupaten Puuncak Jaya, pihaknya mengakui sudah kondusif, aktivitas masyarakat sudah kembali berjalan sebagaimana biasanya.
“Akan tetapi, penerbangan maskapai Trigana yang sempat ditutup, juga sudah kembali melayani rute dari dan ke Mulia, jadi hari ini (Selasa 1/11)-red)  Trigana sudah kembali terbang ke Mulia,” ungkapnya.

Dirinya meminta semua anggotanya untuk tetap waspada, karena bisa saja setiap saat ada penyerangan. Sementara terkait surat dari yang mengatasnamakan OPM Kodap X, yang ditujukan kepada Bupati Lukas Enembe, dan mengklaim bertanggung jawab atas penembakan Kapolsek,  pihaknya masih menyelidikinya.
“Sama seperti surat yang diterima Bupati, kami juga mendapatkannya, tapi itu masih perlu diselidiki, dan saya juga belum mempercayainya begitu saja,” paparnya.

Diakui, selain itu juga upaya pengejaran terhadap pelaku masih terus dilakukan dengan dibantu personil Brimob dari Kelapa Dua –  Depok Jakarta, sebanyak satu peleton atau sekitar 36 personil.  (JUBI/Eveerth Joumilena)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *