Aksi Pengumpulan Koin Bagi Karyawan PT FI di Jakarta

JUBI — Sejumlah aktivis dan kelompok masyarakat di Jakarta yang peduli terhadap mogok kerja para buruh PT. Freeport Indonesia,  saat ini sedang menggelar aksi pengumpulan  koint bagi para buruh Freeport. Aksi  tersebut bertujuan mendukung pemogokan karyawan yang masih berlangsung.

Hal ini dikemukakan koordinator SC Foker LSM Papua di Jakarta, Sinal saat mendampingi kelompok Papua yang memaparkan perkembangan terkini soal Papua dalam forum belajar bersama yang digelar oleh Paxis di Aula Wisma Salib Putih, Salatiga, Selasa (29/11) malam.

Menurutnya, inisiatif pengumpulan koint tersebut datang dari para mahasiswa Papua dan warga lainnya di Jakarta yang peduli soal wilayah paling timur ini. Pengumpulan dilakukan ketika para buruh yang mogok menyampaikan tuntutan serta meminta dukungan ke Jakarta dan dunia internasional. “Tindakan ini merupakan bentuk dukungan para warga yang berada di Jakarta untuk mendukung tuntutan kesejahteraan dari parah buruh perusahaan penambang raksasa itu,” ujarnya.

Tak hanya itu, kata dia, saat ini banyak orang di Jakarta berbicara soal Papua. Kebanyakan diantara mereka mengaku merasa prihatin dengan eklasi kekerasan dan kondisi politik yang terus memanas di bumi Cenderawasih ini. “Pekan terakhir ini, banyak orang bicara soal Papua. Mereka mengaku prihatin,” katanya.

Sementara itu, Toni dari Manado mengatakan pekan lalu, sejumlah mahasiswa serta warga di Manado juga berbicara panjang lebar soal Papua. Mereka juga mengkau peduli terhadap ekskalasi kekerasan yang terus melangit di kawasan ini. Kepedulian tersebut muncul ketika para buruh Freeport melakukan mogok kerja.

Selanjutnya, lanjut dia, disusul dengan pembubaran paksa yang dilakukan aparat pasca Kongres Rakyat Papua (KRP) III di Jayapura, 19 Oktober 2011. “Mereka nonton dua kasus ini di televise dan mengikuti perkembangan lainnya di media massa. Berangkat dari itu, timbul rasa kepedulian,”  ujarnya. (JUBI/Musa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *