APBD 2012 Disusun Berdasarkan Kebutuhan Riil

JUBI— Anggaran, Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) merupakan dasar pengelolaan keuangan daerah dalam penyusunan RAPBD. Sehingga harus disusun dengan menetapkan prioritas  serta plafon anggaran sesuai urgensi kebutuhan riil dan persoalan yang berkembang.

Hal itu disampaikan Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT dalam sambutan tertulisnya pada sidang pembahasan RAPBD beberapa waktu lalu. Dikatakan, strategi dan prioritas APBD Merauke tahun ini, disusun berdasarkan kebutuhan riil dan persoalan-persoalan  masyarakat yang ditemukan saat kegiatan turun kampung (Turkam), monitoring serta reses dewan sendiri beberapa bulan lalu.

Sejumlah persoalan yang ditemukan, lanjut Bupati Merauke, adalah  bidang pendidikan yakni pembangunan asrama  yang harus dilengkapi dengan sana dan prasarana penunjang lain, penataan kembali sistem pemberian beasiswa  dengan data pendukung yang lengkap, alokasi anggaran dana Otonomi Khusus (Otsus) yang lebih difokuskan kepada anak-anak putra-putri asli Papua serta peningkatan sumber daya manusia (SDM).
Sementara di bidang kesehatan, katanya, peningkatan sarana dan prasarana Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat, penempatan tenaga medis di  Puskesmas maupun Pustu serta peningkatan SDM  di bidang kesehatan terutama tenaga dokter spesialis. (JUBI/ANS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *