Jelang Derby Jayapura, Persipura Mantapkan Persiapan

JUBI — Menjelang laga menghadapi saudara mudanya Persidafon Dafonsoro pada lanjutan kompetisi Liga Super Indonesia (LSI), 5 Januari mendatang tim ‘Mutiara Hitam’ terus memantapkan persiapan mereka.

Pelatih Persipura, Jacksen F Tiago usai latihan Persipura mengatakan, latihan kali ini lebih kepada finishing dan organisasi pertahanan. Bagaimana pemain bisa bekerjasa dengan baik saat menghadapi serangan lawan. “Latihan sore ini, untuk lini depan finishing, untuk lini pertahanan bagaimana pemain bisa bekerjasama secara tim menghadapi serangan lawan baik secara frontal maupun dari sayap karena ada perubahan dalam pola kita dimusim ini sehingga kita harus terus menerus meningkatkan organisasi kita terutama dalam pertahanan,” kata Jacksen F Tiago, Senin (2/1).

Menurutnya, dalam beberapa kali pertandingan terlihat sekali jika barisan belakang Persipura terlalu longgar dalam menjaga lawan. “Apalagi saat pemain lawan  masuk daerah pertahanan kita. Oleh sebab itu fokus saya dalam persiapan beberapa hari kedepan,” ujarnya.

Mengenai lawan Dafon, secara pribadi Jacksen menilai, ini adalah pertandingan seperti laga biasanya dan tidak jauh berbeda dengan laga melawan Persiwa Wamena. “Mungkin memang gengsi karena sesama tim Papua, namun dari segi persiapan kita lakukan seperti biasa. Saya rasa selama beberapa kali ini tim ini sering tampil di partai penting. Sehingga dari segi mental tidak ada masalah. Memang kita belum pernah menghadapi Persidafon, namun saya rasa tidak jauh beda dengan partai melawan Wamena,” tandasnya.

Namun menurut pelatih asal Brasil itu, sebagai pelatih ia hanya fokus pada taktik dan strategi tim yang akan dimainkan. “Mungkin yang lain dari segi manajemen sebelum laga ada sedikit sentuhan dari segi mental. Tapi kalau saya tetap fokus persiapan taktik dan starategi tim saja,” terang Jacksen F Tiago.

Sementara itu assiten pelatih Persidafon, Erents Pehelarang beberapa waktu lalu mengatakan, timnya juga harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi Persipura jika ‘Gabus Sentani’ ingin meraih hasil maksimal.

“Lawan yang akan kami hadapai adalah tim juara LSI. Semua juga tahu kualitas Persipura seperti apa. Jadi kami harus benar-benar siap dan bekerja keras untuk mempersiapkan tim jika ingin meraih hasil maksimal,” tandas Erenst Pehelarang. (Jubi/Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *