Hadapi Tiga Agenda Besar, Penetapan APBD Belum Dimulai

JUBI—Tiga agenda besar di Papua akan menyedot perhatian masyarakat di daerah ini, yakni pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Provinsi Papua, Raimuna Pramuka pada Juni dan keikutsertaan Papua pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Riau pada September nanti.

Sekretaris Daerah Provinsi Papua yang juga mantan Wakil Gubernur Provinsi Papua, Constan Karma mengatakan, khusus untuk Pemilukada yang akan digelar nanti, masing tunggu Perdasi. “Jika Perdasi sudah ada, kita mulai dengan Pilkada di Papua,” katanya, saat dicegat wartawan, Minggu (29/1).

Untuk pelaksanaan Raimuna Pramuka yang akan diikuti oleh 15 ribu peserta anggota Pramuka se-Indonesia, kata Karma, juga akan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
 
Ironisnya tiga agenda besar itu tidak diimbangi dengan penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2012 yang hingga kini belum dibahas. Padahal tiga agenda besar itu, harus dianggarkan pada APBD dimaksud. Menyangkut hal itu, Karma mengatakan, penetapan APBD akan dibahas pada minggu pertama bulan Februari ini.
 
Ketua Komisi B DPR Papua, Yulius Rumbairusi, beberapa waktu lalu membenarkan kalau pihak dewan dan eksekutif sedang melakkukan pertemuan untuk membahas tiga agenda besar di Papua, yang muaranya pada pembiayaan yang besar. Tiga agenda itu kata Rumbairusi menyedot anggaran yang tidak kecil, yang tentunya harus dibahas pada APBD 2012. (Jubi/Roberth Wanggai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *