Kusta Serang Ratusan Warga Nabire

JUBISedikitnya 240 orang di Kabupaten Nabire dilaporkan menderita penyakit kusta. Selain puluhan anak, penyakit yang sama juga menyerang ratusan orang dewasa. Para pasien tersebut kini sedang dirawat di Puskesmas Samabusa, Distrik Teluk Kimi, Nabire.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire, Yulian Agapa, S.KM, M.Kes, mengatakan, penderita kusta menjadi perhatian serius dengan memberikan pengobatan di sentra pelayanan yang disediakan secara khusus.

“Ada ratusan orang terserang kusta dan saat ini mereka dalam pengobatan. Luka dari beberapa pasien memang sudah sembuh,” katanya kepada tabloidjubi.com, Senin (30/1) sore.

 

Staf Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire, Indra Dewi menyebutkan, dari 240 penderita kusta di daerah ini, beberapa pasien sudah sembuh dan kembali ke rumah. Namun sebagian besar masih mendapat layanan medis.

 

“Sekitar 50 orang sudah sembuh dari penyakit kusta. Sedangkan yang lainnya masih dalam perawatan dan pengobatan,” kata Indra Dewi.

Diakuinya, semua pasien yang mengalami cacat akibat kusta diarahkan ke klinik. Termasuk yang selesai berobat, tetap mendapat pengobatan secara khusus. “Kita arahkan mereka ke klinik, entah cacat atau tidak cacat dan yang selesai berobat ataupun sementara berobat. Mereka dikasih perawatan sampai sembuh. Kalau penderita ada lukanya, ya kami rawat sampai sembuh,” tutur Indra Dewi.

Saat ini Puskesmas Samabusa dijadikan sentra bagi pasien yang terserang penyakit mematikan itu untuk mendapat layanan medis.

Salah satu penderita kusta berharap agar ada aksi pengobatan sedini mungkin, apalagi program ini didukung langsung Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire bekerjasama dengan World Health Organization (WHO). (Jubi/MY)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *