Warga Mengadu Dishub Tertibkan Belang-belang

JUBI—Dinas Perhubungan Kabupaten Merauke melakukan penertiban terhadap belang-belang yang beroperasi di Kali Kumbe dan Bian. Penertiban ini dilakukan setelah adanya pengaduan dari warga karena tarif yang dipatok sangat ‘mencekik leher’.Begitupula operator saat mengantar penumpang, sangat dipengaruhi oleh minuman keras (Miras).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Merauke, Ir. Antonius Sugestianto yang ditemui tabloidjubi.com di ruang kerjanya, Selasa (31/1) membenarkan jika ada pengaduan seperti demikian. Sebagai tindaklanjutya adalah telah dikeluarkan instruksi kepada para pemilik belang agar mentaati semua ketentuan yang berlaku sesuai dengan amanat Perda  Nomor 28 Tahun 2009. Dimana, untuk wilayah Kumbe, orang dewasa, Rp 4500, pelajar Rp 2500 dan sepeda motor Rp 19000.

Sedangkan untuk di penyeberangan Kali Bian, kata dia, orang dewasa Rp 14000, pelajar 6000 dan orang bersama kendaraan  Rp 69000. “Memang harga yang diberlakukan para pemilik belang selama ini tidak terlalu tinggi, tetapi sudah menyalahi Perda. Sehingga tarif dimaksud harus dijalankan. Jika tidak akan ada tindakan lebih tegas lagi,” katanya.

Dia juga meminta kepada pemilik belang agar memberikan teguran kepada oknum operator belang yang ketika sedang menghantar penumpang, dalam keadaan mabuk. “Ini kan sangat tidak baik, karena menyangkut keselamatan orang. Saya sudah mewajibkan agar para pemilik harus menasehati operator. Jika sampai terulang lagi, izin operasi akan dicabut,” tegasnya. (JUBI/ANS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *