Situasi Kerja Tembagapura Diprediksi Kembali Normal

JUBI—Situasi kerja di area kerja PT Freeport Indonesi (PT FI) di Tembagapura, Kabupaten Mimika diprediksi kembali normal setelah terjadinya sosialisasi oleh pihak pengurus SPSI PT FI, Hengky Binur di Terminal Mulki, Mile Post 72 Ridge Camp, Rabu (31/01) siang.

Salah satu pekerja PT FI dari Grasberg Mine mengakui hal itu kepada tabloidjubi.com lewat telepon selulernya, Rabu (31/1) siang. “Barusan ada informasi atau penjelasan pihak SPSI PT FI yang diwakili Pak Hengky Binur, yang mengatakan, pekerja harus kembali bekerja mulai malam ini. Jadi minimal besok pagi, kondisi kerja di Tembagapura sudah harus bisa normal kembali,” kata sumber tabloidjubi.com menirukan pernyataan Binur.

Seperti diketahui, sejak Kamis (27/1) pekan lalu situasi kerja di Tembagapura diinformasi mengalami stagnasi akibat sejumlah hal yang menjadi hak pekerja pasca aksi mogok masal di lingkungan PT FI. Diantaranya, ada juga informasi, banyak pekerja yang sempat sudah kembali bekerja sejak sebelum tanggal 23 Januari 2012. Tapi tak diperhitungkan hadir oleh pimpinan kerjanya masing-masing.

Situasi itu sempat juga diakui Ketua DPC FSP KEP SPSI Kabupaten Mimika, Virgo Solossa yang dikonfirmasi lewat  telepon selulernya di Jakarta, Jumat (28/1) malam.

Akibat normalnya situasi ini sendiri belum diketahui, tapi dari penjelasan Virgo sebelumnya, diprediksikan sumber tabloidjubi.com, karena sudah adanya upaya negosiasi penyelesaian yang dilakukan pihak pengurus SPSI dan manajemen PT FI. Tapi upaya konfirmasi ulang terkait kebenaran informasi ini ke Virgo, Rabu (31/1), juga belum sempat diperoleh.

Namun situasi stagnasi di Portsite yang diperoleh tabloidjubi.com dari salah satu pekerja di marine PT KPI menjelaskan, sampai sejauh ini situasi kerja di Portsite masih tetap stagnasi.

“Semua pekerja memang berada di lokasinya masing-masing, tapi tak ada satu pun area yang beroperasi, baik area operation maupun marine. Hanya satu kapal terlihat melakukan muatan batu bara di Dermaga PT Puncak Jaya Power,” kata sumber tabloidjubi.com lewat telepon selulernya. (Jubi/J-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *