Bola PON Papua Orientasi Fisik 70 Persen Teknik 30 Persen

JUBITim sepak bola PON Papua dipastikan akan memasuki latihan teknik setelah menjalani masa delapan minggu latihan fisik yang digadang-gadang pelatih 70 persen dan akan memasuki masa latihan teknik 30 persen.
Hal ini diungkapkan Daniel Womsiwor pelatih fisik kepada tabloidjubi.com, Selasa, (28/2) di Pantai Base G Kelurahan Tanjung Ria Kota Jayapura-Papua.
Pelatih fisik sepak bola PON Papua, Daniel Womsiwor menegaskan latihan fisik porsinya lebih besar dibanding teknik, karena bola atau olahraga prestasi yang menunjang teknik adalah fisik.
“Fisik harus disiapkan banyak untuk menunjang teknis,” alasan Womsiwor saat menggembleng 20 pemain sepak bola PON Papua yang berlangsung di pantai Base G Kelurahan Tanjung Ria Jayapura-Papua, Selasa bersama 3 pelatih Fernando Fairiyo, Hengky Rumere dan Jhon Langgeng.
Program latihan fisik yang diterapkan di pesisir pantai itu kata Daniel Womsiwor adalah salah satu dari tipe-tipe latihan daya tahan tubuh bagi seorang atlit. Bahwa latihan fisik yang diterapkan bagi Jorgen Wayega dan kawan-kawan itu adalah dalam rangka meningkatkan daya tahan tubuh baik jantung, kapasitas fital paru serta otot-otot besar, terutama pada tungkai paha dan betis.
“Juga membantu pelebaran pembuluh darah,”bilang Daniel Womsiwor sembari mengatakan latihan tersebut sebagai latihan dasar dalam menyiapkan fisik atlit. Menurut Womsiwor  program latihan fisik umum direncanakan 3-4 minggu.
“Setelah itu baru masuk dalam daya tahan kusus,” ungkap jebolan Unsrad Manado ini. Dikatakan lelaki yang sukses menghantar  Universitas Cenderawasih menjuarai Liga Mahasiswa tahun 2011 itu bahwa untuk cabang sepak bola, otot tungkai yakni paha dan betis serta otot tubuh dan anggota gerak atas seperti lengan menjadi perhatian utama. Itu sebabnya untuk daya tahan tubuh dan kekuatan akan dilatih dengan program latihan pembebanan.
Setelah itu dilanjutkan dengan latihan motorik untuk pembentukan kecepatan, power dan kelincahan, koordinasi, reaksi dan keseimbangan. Semuanya kata Womsiwor akan disiapkan dalam waktu 8 minggu dari waktu 7 bulan menuju PON Riau.
“Setelah 8 minggu  baru masuk ke teknik fisik 70 persen dan teknik 30 persen,”tutur Daniel Womsiwor (JUBI/Roberth Wanggai)
         

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *