Naftali Yogi Kembali Calonkan 01 Paniai

JUBI — Mantan Bupati Paniai periode 2007-2012, Naftali Yogi, S.Sos yang telah mengakhiri masa jabatannya pada tanggal 22 Februari 2012, mencalonkan kembali di Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah periode 2012-2017. Ini setelah ia bersama calon wakilnya, Hanok Herison Pigai, SE dinyatakan lolos verifikasi administrasi, Selasa (27/2) kemarin.

Saat pendaftaran di Kantor KPU Paniai, pasangan Naftali-Hanok diusung oleh empat partai. Yakni, Partai Demokrat, PAN, PKPI, PKS dan PKDI.Sedangkan tiga calon pasangan lainnya yang akan maju ke tahapan selanjutnya, masing-masing Derek Pakage, S.Ip-Nahum Tebay, S.Ip, Drs. Yulius Kayame-Ham Nawipa, S.So, dan Hengki Kayame, SH,MH-Yohanes Youw, S.Fil, M.Hum.

Ketua KPU Kabupaten Paniai, Zeth Yeimo, SH mengatakan, awalnya ada sekitar 13 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang telah mengambil formulir pendaftaran pencalonan. Setelah diverifikasi, hanya 4 calon pasangan yang diusung oleh partai politik maupun gabungan partai politik memenuhi ketentuan 15% persen suara sah, baik akumulasi suara atau akumulasi kursi dewan hasil Pemilu Legislatif di Kabupaten Paniai tahun 2009.

 “Sementara ini empat pasangan yang layak berdasarkan hasil penelitian administrasi terhadap dokumen pencalonan,” kata Zeth.Diakuinya, dari empat pasangan itupun masih ditemukan adanya rekomendasi ganda dari parpol pendukung. Sebut saja Partai Golongan Karya, Partai Amanat Nasional dan Partai Gerakan Indonesia Rayat (Gerindra).

“Seharusnya hal-hal itu sudah diselesaikan di tingkat internal partai. Jangan dibawa ke KPU lagi,” ujarnya.Pendaftaran pencalonan dari parpol maupun gabungan parpol itu sendiri dibuka selama sepekan dan ditutup secara resmi Senin (27/2) malam tepat pukul 24.00 WIT.

 Setelah umumkan daftar calon sementara (DCS) Bupati dan Wakil Bupati, selanjutnya KPU akan melakukan verifikasi faktual terhadap rekomendasi dari masing-masing partai, baik di tingkat Pusat, Provinsi maupun Daerah. Rencananya verifikasi berlangsung selama seminggu.“Semoga rencana kegiatan kami ini tepat waktu,” harap Ketua Pokja Pemilukada Paniai, Melkias Yogi, S.Sos sembari menambahkan bahwa setelah itu barulah akan ditetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) di Pemilukada Paniai tahun 2012. (Jubi/MY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *