Tiap Tahun Piutang Pasien RS Dian Harapan Capai Ratusan Juta


JUBI— Ketua Yayasan Dian Harapan, P. Barnabas Daryana mengatakan piutang Pasien Rumah Sakit mencapai ratusan juta rupiah setiap tahun. Piutang itu sangat membebani namun bisa diatasi dari pemasukan ruangan kelas dan dana abadi pemilik Jayasan.

  “ Pitang Pasien 2009 sebesar Rp. 423.641.606. Tahun 2010 sebanyak Rp; 269.404.401 dan pada tahun 2011 lalu mencapai  Rp. 366.773.622,”kata Barnabas Daryana,kepada tabloidjubi.com  Kamis(1/3) di Jayapura.

Barnabar mengatakan piutang itu berasal dari pasien yang tidak mampu membayar, kecelakaan dan pasien rujukan dari rumah sakit lain atau rumah dari daaeh-daerah di Papua.

“Masyarakat tidak mampu berobat inap atau rawat jalan entah dari Jayapura maupun pasien rujukan yang membuat piutang ini,”katanya.

Menurut barnabas, piutang itu sangat membebani rumah sakit hanya bisa ditutupi dari pemasukan pasien kelas dan pihak Keuskupan dengan pertimbangan keselamatan jiwa-jiwa itu lebih penting daripada perhitungan ekonomi, sekalipun itu penting.

 “Syukur ada ruang kelas sehingga bisa menutupi piutang yang ada. Bila kurang lagi, Keuskupan Jayapura sebagai pemilik menutupinya untuk membantu mereka yang tidak mampu,”kata wakil uskup Jayapura ini kepada tabloidjubi.com.

Berhubungan dengan ketatnya waktu besuk dan peraturan hanya satu orang menjaga pasien, Barnabas  mengatakan demi menjaga kenyamanan pasien karena pasien butuh ostirahat banyak.

 “Kita batasi jam kunjungan dan pejaga pasien hanya satu karena pasien itu butuh istirahat banyak,”katanya. (Jubi/Voxpopa)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *