Barak Sope : MSG Telah Khianati Rakyat Papua Barat

JUBI — Mantan Perdana Menteri Vanuatu, Barak Sope, mengutuk hubungan yang berkembang antara Vanuatu dan Indonesia yang katanya mengabaikan penderitaan rakyat Melanesia di Papua Barat.

 

Kepada pina.com.fj (Asosiasi Berita Kepulauan Pasifik, di Vanuatu, Kamis(29/03), Sope mengaku telah sangat lama mendukung hak untuk menentukan nasib sendiri bagi rakyat Papua Barat. Ia juga mengatakan bahwa ketika Vanuatu didirikan, sebuah komitmen sudah dibuat, bahwa negara tidak akan bebas sampai semua koloni di Melanesia bebas.

 

Ia mengatakan ia menerima Vanuatu memiliki hubungan diplomatik dengan Jakarta tetapi memberikan Indonesia status sebagai pengamat di Kelompok Spearhead Melanesia adalah langkah yang terlalu jauh.

 

“Sekarang tubuh telah diciptakan untuk mendapatkan kemerdekaan dan melawan apa yang dikatakan Indonesia. Jadi itulah mengapa saya mengatakan kita mengajak mereka untuk datang dan duduk dan menjadi bagian dari mitra kita tapi di sisi lain mereka membunuh orang Melanesia. Dan Kelompok Spearhead Melanesia didirikan khusus untuk mereka, orang Papua Barat yang pintunya telah ditutup oleh Indonesia dengan apa yang mereka lakukan pada tahun 1962.” tegas Sope. (Jubi/pina.com.fj/Victor Mambor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *