Memori Banding Forkorus Cs Bakal di Serahkan Ke Pengadilan

JUBI — Koordinator Pengacara Hukum (PH) terdakwa Forkorus Cs, Olga Helena Hamadi mengaku, pihaknya bakal menyerahkan memori banding  yang sudah di buat ke Pengadilan Negeri Kelas I A di Abepura, Jayapura, Papua. PH berencana menyerahkannya pada Senin (2/4) pekan depan

“Hari ini, kami finalkan memori banding kelima klien kami. Kalau sudah selesai, kami rencana serahkan ke pengadilan dan pihak terkait pada Senin (2/4) mendatang,” ujar Olga saat di wawancarai tabloidjubi.com di Abepura, Sabtu (31/3). Menurutnya, pengacara hukum berencana menyerahkan memori banding kelima terdakwa ke pengadilan pada Senin, 2 April 2012 pekan depan.

Lanjut dia, inti dari memori banding yang disusun adalah meminta kepada  pengadilan agar membaskan Forkorus Yaboisembut beserta keempat rekannya, demi hukum. “Ya, inti dari memori banding yang kami susun adalah minta agar pengadilan bebaskan Forkorus Cs demi hukum. Karena, mereka tidak terbukti makar,” kata Hamadi.

Seperti dikabarkan sebelumnya, dari analisis yuridis yang dilakukan oleh pengacara hukum, dalam persidangan, fakta membuktikan bahwa tak ada saksi yang menerangkan soal peranan para terdakwa sebagaiman tudingan yang tertera dalam  KUHAP  106 pasal (1) yang menerangkan bahwa para terdakwa secara bersama-bersama.

Para saksi tak menerangkan tudingan yang mengarah kepada masing-masing terdakwa. Selanjutnya, terkait barang bukti juga demikian. Dari 69 alat bukti yang disebutkan, hanya satu yang di tunjukkan dalam persidangan. Satu alat bukti yang di tujukan oleh jaksa penuntut umum yaitu spanduk.

Pada Jumat, 16 Maret 2012 lalu, hakim Pengadilan Negeri Klas I A di Abepura, Jayapura menjatuhkan hukum tiga tahun penjara kepada  Forkorus Cs.  Saat ini, kelima terdakwa makar  masing-masing Selvius Bobii, August Makbrawen Sananay Kraar, Dominikus Sorabut, Edison Kaludius Waromi, Forkorus Yaboisembut, sementara mendekam di balik jeruji besi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I A di Abepura. (Jubi/Musa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *