Oknum Anggota DPRD Merauke Bebas

JUBI—Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Merauke membebaskan oknum anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, Chaterina Gebze yang divonis beberapa waktu lalu, setelah dinyatakan terbukti bersalah dan meyakinkan melakukan pemalsuan ijazah guna mengikuti proses pencalegan tahun 2009 lalu. Pembebasan Chaterina menjadi pertanyaan berbagai kalangan, karena bersangkutan baru menjalani hukuman selama beberapa bulan.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Merauke, Aris Munandar yang ditemui sejumlah wartawan, Jumat (30/3) membantah jika Chaterina dibebaskan. Bersangkutan hanya menjalani proses asimilasi seperti nara pidana lain untuk menjalankan dan atau melaksanakan berbagai kegiatan di luar seperti dalam bidang pertanian, peternakan dan kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya. Tetapi sore hari sudah harus kembali ke Lapas.

Lebih lanjut Kalapas mengungkapkan, Chaterina Gebze yang divonis satu tahun penjara itu, telah menjalani hukuman selama kurang lebih tiga bulan di Lapas Merauke. Belum lagi dihitung masa tahanan kota yang dijalaninya. Sehingga setelah dihitung kembali, bersangkutan mendapatkan proses asimilasi seperti napi lain.
“Saya bersama staf akan melakukan perhitungan kembali. Tetapi bahwa apa yang kami lakukan sudah sesuai dan tidak ada tendensi atau kepentingan pribadi untuk memberikan asimilasi kepada Chaterina Gebze. Semua sudah sesuai dengan aturan yang berlaku,” tegasnya. (Jubi/Ans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *