Pilgub Papua Ditetapkan 14 Agustus

Jayapura, (01/5)Setelah terkatung-katung sekian lama hingga membuat Penjabat Gubernur Papua disebut tak becus menjalankan tugasnya untuk menyelenggarakan Pilkada Papua, akhirnya jadwal Pilgub Papua ditetapkan oleh DPRP.

“Tahap pengumuman pembukaan pendaftaran tanggal 7-13 Mei. Seterusnya tahap pendaftaran bakal calon (balon) 14-20 Mei. Adapun tahap pemilu kada ditetapkan 14 Agustus,” kata Ruben Magay, ketua Pansus Pilgub Papua yang sedang berada di Jakarta, kepada tabloidjubi.com lewat HPnya (01/5).

Ruben Magay berada di Jakarta bersama penjabat sementara Gubenur Papua Syamsul Arief, Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Timotius Murib, dan anggota MRP lainnya untuk menemui Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi, di Jakarta, hari ini. “Pertemuan dengan Mendagri untuk melaporkan jadwal pilgub di Papua.” kata Ruben Magay.

Kata Ruben, Mendagri menyambut baik jadwal tersebut dan telah menyetujuinya. Mendagri juga berharap agar jadwal yang sudah ditetapkan itu dipatuhi oleh semua pihak. “Setelah pendaftaran, tahap seleksi akan dilakukan pada tanggal 21 Mei hingga 3 Juni.” lanjutnya.

Sedangkan Penjabat Gubernur Papua, Syamsul Arief kembali menjelaskan syarat balon Pemilu kada Papua adalah harus orang asli Papua. “Hal itu sesuai dengan UU Otonomi Khusus tentang Papua. Yang  menyeleksi balon harus melibatkan MRP. Keberadaan MRP untuk mengetahui apakah balon benar sebagai orang asli Papua atau tidak.” katanya.

“Jadwal sudah ditetapkan dan agenda MRP dan DPRP tetap jalan. Jangan putar balik lagi, itu bukan barang susah, jadi harus secepatnya dilaksanakan.” kata Ruben Magay tegas. (Jubi/Victor M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *