Pemilukada Kabupaten Jayapura Dipastikan 19 Juli

Jayapura (30/5) –– Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Jayapura putaran kedua dipastikan akan dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2012. Dan akan diikuti dua pasangan kandidat Mathius Awaitouw-Robert Djonso dan Yohanes Eluay–Tribowo.

Penjabat Bupati Kabupaten Jayapura, Jansen Monim, kepada wartawan, di Jayapura, Rabu (30/5), mengatakan, Pemkab Jayapura telah mengucurkan dana sebesar Rp9 Milliar untuk suksesnya pemilukada putaran kedua. “Dalam minggu ini akan diserahkan sesudah ada MoU,” tambahnya.
 
Menurut dia, dana putaran kedua sudah tersedia setelah adanya rasionalisasi anggaran. Dimana dana sebesar Rp9 milliar ini akan diberikan dalam bentuk hibah.

“Minggu ini dipastikan sudah berjalan. Sebab  menurut jadwal KPU tanggal 28 proses pilkada sudah berjalan dan pemilihan pencoblosannya tanggal 19 Juli,” jelasnya.

Disinggung bila nantinya ada masalah gugat menggugat saat pelaksanaan pemilukada nanti. Jansen menegaskan, untuk proses hukum, hal itu menjadi tanggung jawab KPU Kabupaten Jayapura. Sebab masalah gugat menggugat adalah urusan pendukung masing–masing kandidat.

“Secara aturan hal itu boleh–boleh saja. Sehingga tidak ada masalah. Pemerintah daerah cuma memfasilitasi kelancaran, daripada pemilukada itu,” katanya.

Sementara itu, saat ditanya mengenai kesiapan Pemkab Jayapura dalam menghadapi Festival Danau Sentani (FDS), kata Jansen, segala sesuatu sudah dipersiapkan, termasuk penambahan biaya. Termasuk soal perpanjangan waktu FDS karena adanya Raimuna.      

“Semuanya pasti akan kita bicarakan lagi karena menggunakan dana daerah. jadi bisa kita ambil Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) tahun ini,” katanya.(Jubi/Alex)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *