Yulius Miagoni: “Apa Motif Dibalik Aksi Penembakan di Papua”

SEKERTARIS KOMISI A DPRP, YULIUS MIAGONI. (JUBI/ARJUNA)Jayapura (30/05) — Terjadinya serangkaian aksi penembakan di Papua dalam beberapa tahun terakhir dan tidak bisa terungkap siapa pelaku dibalik itu, menjadi pertanyaan sejumlah pihak. Sekertaris Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), Yulius Miagoni mengaku bingung mengapa hingga saat ini pihak keamanan belum bisa mengungkap pelaku.

 

Ia mengatakan, jika aksi serupa terjadi di daerah lain, meski kejadiannya sudah cukup lama, namun pihak keamanan tetap saja bisa mengungkap dan menangkap pelaku. Lalu kenapa di Papua tidak bisa.

“Kalau di Jakarta ada bom yang meledak, meski sudah lama bisa diungkap. Tapi di Papua kejadian yang sama berulang kali terjadi tidak bisa diungkap. Apakah benar karena faktor geografis wilayah ataukah ada motif lain dibalik semua aksi penembakan di Papua,” kata Yulius Miagoni kepada tabloidjubi.com, Rabu (30/05).

Mengenai tertembaknya seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Jerman, Pieter Dietmar Helmut (55) di Pantai Base G, Selasa siang kemarin (29/05) sekitar pukul 11.30 wit menurutnya, itu sepenuhnya tanggung jawab negara.  Negara harus melindungi setiap WNA yang masuk ke Indonesia termasuk Papua.

‘Jadi pemerintah jangan cuci tangan dengan masalah ini. Siapapun pelakunya baik yang rambut lurus atau rambut keriting harus diungkap. Kami sebenarnya sudah bosan bicara karena tidak pernah ada kasus yang terungkap. Kalaupun yang melakukan adalah OPM, tapi itu tanggung jawab negara,” tandas Miagoni. (Jubi/Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *