Sekda Lepas Kontingen Pesparawi Papua

Jayapura (28/6) — Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Kamis (28/6) malam, melepas kontingen Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Papua, yang akan mengikuti lomba tingkat nasional yang dipusatkan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Upacara pelepasan rombongan Pesparawi Provinsi Papua dilakukan di Gedung Negara Jayapura, dan dihadiri oleh Forom Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), Rektor Uncen, Ketua Sinode GKI, dan pengurus Lemabaga Pengembangan Paduan Suara Daerah (LPPD).

“Anda semua dikaruniai oleh Tuhan untuk memuji Allah. Ada ayat yang baik sekali dan saya ingat suatu ungkapan roh dalam diri kita terungkap dalam lidah kita. Seluruh kontingen Pesparawi berada dalam syair dari lagu yang dipilih dari ayat kitab suci yang sangat dipilih dan dilatih berulang-ulang oleh paduan suara. Saya rasa setiap peserta berada pada satu saat yang baik untuk mengagungkan nama Tuhan bersama paduan suara lain di Indoensia,” kata Sekda Constan Karma

Constan Karma menilai, mereka yang berumur panjang adalah orang yang suka bernyanyi dan musik. “Untuk itu, saya selaku Ketua Pesparawi Provinsi Papua, saya ingin setiap peserta dapat tampil dengan baik serta hormati pesta rohani yang akan berlangsung di Kendari mulai 1 Juli hingga 11 Juli 2012 mendatang,” tambahnya.

Saat ditanya mengenai target, ujar Constan, dirinya tidak menargetkan kontingen Pesparawi Papua harus menang. “Bagi saya menang atau kalah itu nomor dua, yang penting mereka bisa bernyanyi dan hadir dalam pesta rohani di Kendari. Sebelumnya Pesparawi Papua pernah meraih juara pada 2010 lalu saat mengikuti Pesparawi di Samarinda,” katanya.

Sementara itu, Ketua harian Lembaga Pengembangan Padua Suara Daerah (LPPD), Agustinus Norwarri, menjelaskan, kontingen Pesparawi Papua akan mengikuti 10 kelas kategori. Dan peserta yang ikut adalah campuran, diantaranya dari Kota Jayapura termasuk dirigen dan pianis 45 orang, pria 30 orang. Remaja dan pemuda Biak 45 orang, Anak Nabire 35 vokal group dan pengiring musik sebanyak 13 orang dari Mimika. Solis putri dari merauke dan Jayapura satu orang. 220 orang. Belum termasuk official kehormatan peninjau dr kab kota.

“Jadi peserta yang ikut dalam rombongan Pesparawi Papua ada sekitar 220 orang. Belum termasuk official kehormatan peninjau dari kabupaten dan kota. Peserta akan mulai mengikuti lomba pada tanggal 4 hingga 9 Juli dan dilanjutkan dgn penutupan. Dimana seluruh biaya di peroleh dari dana bantuan provinsi,” katanya.

Sekedar untuk diketahui, kegiatan Pesparawi di Kota Kendari dipusatkan di tiga lokasi, yakni di gedung Gelanggang Olahraga Raga (GOR), Gedung Sapta Pesona Kantor Dinas Parawisata Provinsi Sultra dan Hotel Qubra Kendari. Rangkaian kegiatan Pesparawi yang akan dilaksanakan pada tiga lokasi tersebut meliputi 11 kegiatan lomba. Di gedung I mulai tanggal 4-7 Juli 2012 yakni lomba paduan suara anak (PSA), paduan suara remaja/pemuda (PSR/P), paduan suara dewasa campuran (PSDC) dan penampilan lagu etnik daerah. Sedangkan di gedung II pada hari yang sama yakni lomba paduan suara pria (PSP), paduan suara wanita (PSW) dan vokal grup (VG). Sementara di gedung III dilombakan Solis remaja/pemuda putra dan putri, solis anak usia 7-9 tahun putra-putri, solis anak usia 10-13 tahun putra putri dan solis remaja/pemuda putra dan putri.

Selain lomba paduan suara, pada tanggal 8 dan 9 Juli 2012 akan dilakukan wisata rohani dan penanaman pohon Pesparawi, dan pada 10 Juli dilaksanakan musyawarah nasional untuk menentukan daerah mana yang akan disepakati kegiatan Pesparawi XI. (Jubi/Alex)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *