BLKI Jayapura Luluskan 25 Tenaga Kerja Asal Yalimo

Jayapura (29/6)—Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Jayapura, kembali mencetak tenaga terampil masing-masing dari hasil kursus mengemudi dan bangunan asal Kabupaten Yalimo.

 

Kepala BLKI Jayapura, Jhoni Na, SE saat menutup kursus pendidikan dan latihan (diklat) keterampilan bagi pencari kerja (pencaker) kerja sama Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan Tenaga Kerja Kabupaten Yalimo menegaskan, kedepannya kerja sama tersebut bisa berlangsung dalam bentuk kursus-kursus yang lain. 

 

“Untuk peserta, selama 28 hari, apa yang diberikan jadi bekal agar kembali nanti (ke daerah) tidak diam, tapi bisa mengakses dan bergerak untuk menciptakan lapangan kerja,” bilang Jhoni Na, Jumat, (29/6) di BLKI Jayapura, Pasir II Papua.

 

Kusus untuk 5 orang pertukangan setelah kembali, Jhoni Na berharap setelah kembali ke Yalimo agar keterampilan yang didapat bisa diadaptasi dengan dunia kerja yang ada di daerahnya.

 

“Kita harus pacu dunia kerja, karena masalah pematangan diri adalah dari diri sendiri. Kita tidak tinggal diam, tapi bisa ciptakan lapangan kerja,” kata Jhoni Na sambil berharap yang mengemudi bisa menawarkan diri ke pemda setempat untuk jadi sopir bagi pejabat disana.

 

Kepala Bidang Dinas Tenaga Kerja dan Catatan Sipil Kabupaten Yalimo, Anselmus Douw mengakui tujuan dari kerjasama kursus dengan BLKI Jayapura itu untuk memberi kesempatan pada peserta agar dapat meningkatkan kompetensi dan lapangan kerja untuk memenuhi pasar kerja yang ada.

 

Dia akui jenis pelatihan yang dianggarkan dari SKPD Yalimo yakni sub kejuruan otomotiv mengemudi dan sub kejuruan pertukangan dengan 240 jam belajar atau 28 hari kursus dengan 25 peserta. Ke 25 peserta itu masing-masing 20 untuk kursus bangunan atau pertukangan dan 5 untuk kursus mengemudi.

 

Theofius Loho salah satu peserta kursus bangunan dari Yalimo mengatakan senang. Dia berjanji setelah pulang ke daerahnya akan kembangkan bisnis pertukangan di daerahnya. (Jubi/Roberth Wanggai)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *