Kebijakan Pemerintah Tak Pernah Berpihak

Jayapura (29/6)Kepala Divisi Advokasi Pengembangan Lingkungan dan Sumber Daya Alam (PSDA) Foker LSM Papua di Jayapura, Abner Mansai mengatakan sampai saat ini kebijakan pemerintah soal lingkungan tak berpihak pada masyarakat adat di Papua. Terutama, di wilayah Merauke khususnya perusahaan MIFEE dan perusahaan penambangan liar di Degeuwo, kabupaten Paniai.

“Saya melihat kebijakan-kebijakan pemerintah saat ini tidak berpihak  kepada  masyarakat adat. Tapi juga makin banyak menyulitkan masa depan orang Papua itu sendiri,” kata Abner Mansai saat memaparkan materi tentang penyelamatan hak-hak adat dalam diskusi terbatas dengan koordinator Rainforest Foundation  Norway (RFN) Wilayah Asia Tenggara, Gerry di kantor Foker LSM Papua di Abepura, Jayapura, Jumat (29/6).

Aktivis lingkungan hidup ini berharap, ke depan kerja-kerja pemerintah mengkorservasikan hutan lebih baik ditingkatkan.  “Pemerintah juga diharapkan tidak hanya mengutamakan  kepentingan perusahaan tetapi harus mengutamakan kepentingan masyarakat adat sebagai pemilik lahan,”kata Mansai.

Sementara itu, koordinator Rainforest Foundation  Norway, Gerry menegaskan manusia dan hutan Papua harus diselamatkan. Dia berharap, kedepan kerja-kerja LSM dan pemerintah harus bekerja sama untuk menyelamatkan hutan dan manusia Papua. (Jubi/Abubar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *