Penderita HIV-AIDS di Mappi 94 Orang

Mappi (29/6)-Sebanyak, 94 orang di Kabupaten Mappi, Papua, menderita penyakit HIV/AIDS.  Jumlah penderita penyakit yang mematikan ini terhitung sejak tahun 2005 -2011 lalu.

Berdasarkan data yang diperoleh tabloidjubi.com belum lama ini, dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Mappi tertera, penderita HIV/AIDS dari data kesehatan untuk tahun 2005 -2011, laki-laki sebanyak 46 orang, perempuan, 38 orang.  Pasien yang didata sebanyak 10 orang. Dengan demikian jumlah total pasin yang didata sebanyak  94 orang.

Dalam data itu, penderita HIV/AIDS di Mappi pada 2005-2011 menurut pekerjaan ; pasin yang tidak bekerja alias belum bekerja sebanyak, 21 orang, petani, 23 orang, pelaut/nelayan, 1 orang, buruh, 6 orang, IRT  (ibu rumah tangga) sebanyak, 10 orang, swasta, 6 orang WPSK (wanita pekerja seks komersil), 4 sopir, 1 orang, PNS , 5 orang. Terakhir, pelajar aatau mahasiswa 3 orang.  Jumlah total sebanyak 76 penderita.

Bertoalak dari itu, ditahun 2012 ini, KPA setempat berencana menggelar beberapa program untuk mencegah penyebaran penyakit HIV/AIDS. Program yang direncanakan masing-masing meningkatkan volume dan kualitas diseminasi informasi kepada masyarakat baik oleh KPA, SKPD terkait, dan KSM Peduli HIV-AIDS. Mengadakan spanduk, baliho, banner, atau media lain. Meningkatkan kerja sama dengan Dinkes mengenai penggunaan kondom. Sebab, selama ini Dinkes di Mappi belum mengadakan kondom dan mendistribusikan ke lokalisasi, bar, karaoke, dan tempat pijat. (Jubi/Abubar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *