Ribuan Liter Miras Dimusnahkan

 
Merauke (29/6)-Bertempat di Gudang Arang, Kelurahan Maro, Kota Merauke, dilakukan pemusnahan terhadap ribuan liter minuman keras (miras) jenis beer maupun sopi dari hasil operasi dan penyitaan yang dilakukan oleh aparat Polres Merauke.

Kegiatan pemusnahan ribuan  miras ini dilakukan oleh Kapolres Merauke, AKBP Djoko Prihadi bersama Muspida lain serta beberapa tokoh masyarakat serta tokoh adat.
Kapolres dalam sambutannya sebelum pemusnahan, Jumat (29/6) mengungkapkan, khusus untuk miras jenis beer adalah kurang lebih dua kontainer yang disita pada tahun 2010 lalu, lantaran tidak memiliki izin pasok di Kota Merauke. Beberapa tahapan telah dilalui, termasuk proses hukum. Namun, setelah dikonsultasikan dengan Kejaksaan Negeri (Kejari), diarahkan ke aturan Perda yang berlaku.
Proses pemusnahan, lanjut Kapolres, sedianya sudah dilakukan setahun silam. Hanya saja, masih menunggu rekomendasi yang dikeluarkan oleh Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT.  Rekomendasi baru keluar sebulan lalu, sehingga pemusnahan dilaksanakan sekarang.
Begitu juga dengan miras lokal jenis sopi. Dari operasi selama kurang lebih satu bulan, didapatkan sekitar 3500 liter. Ini menunjukkan bahwa orang yang memproduksi semakin banyak, padahal kegiatan operasi tetap dilakukan secara rutin. “Saya akan berkoordinasi dengan Kajari Merauke agar kedepan diterapkan aturan KUHP dan Undang-Undang Kesehatan bagi mereka yang memproduksi. Sehingga mereka jerah dengan perbuatannya. Karena ancaman hukuman adalah lima tahun,” tegasnya. (Jubi/Ans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *