Jelang HUT OPM, Warga Tak Cemas

Jayapura (30/6) — Menjelang tanggal 1 Juli yang tinggal menghitung jam dan selama ini diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) tidak lantas membuat warga khawatir. Salah satu warga Jalan Karang, Ekspo Waena Kota Jayapura, Ronny mengaku tak khawatir dengan tanggal yang bersejarah bagi OPM itu.

“Beberapa hari ini orang selalu membicarakan tanggal 1 Juli, namun saya tidak terlalu khawatir. Meski selama ini banyak isu beredar, tetapi saya menilai itu hanya aksi yang dilakukan orang-orang tidak bertanggungjawab untuk menakut-nakuti yang lain,” kata Ronny kepada tabloidjubi.com, Sabtu (30/6).

Menurutnya, selama ini orang selalu menggembar-gemborkan tanggal 1 Juli, namun kenyataannya semua berjalan aman. Tidak ada aksi kekerasan atau apapun yang merugikan orang lain. Kalaupun ada pengibaran Bendera Bintang Kejora dari pihak tertentu, namun tidak menggangu aktivitas warga.

“Tahun lalu juga banyak yang bilang begini-begitu, namun kenyataannya tetap aman saja. Kalaupun ada Bintang Kejora yang berkibar, itu tidak berdampak pada aktivitas masyarakat. Hanya saja memang kita harus tetap waspada. Jangan sampai ada pihak-pihak yang ingin memanfaatkan moment seperti ini,” terang Ronny.

Hal sama juga diungkapkan, Paulus. Warga Padang Bulan ini justru menganggap jika ada Bintang Kejora yang berkibar itu bukan berarti akan mengganggu aktivitas warga. “Kalau Bintang Kejora saja yang berkibar kan tidak sampai menggangu aktivitas warga. Kecuali ada kerusuhan atau hal lainnya. Tapi toh selama ini setiap tanggal 1 Juli warga tetap beraktivitas seperti hari biasa,” tandas Paulus.

Walau demikian ia tetap berharap pihak aparat kemanan siaga mengamankan tanggal 1 Juli. Guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dari pihak-pihak yang ingin memanfaatkan keadaan. (Jubi/Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *