Pasir Kali Laris Puluhan Juta Perbulan

Jayapura (29/6)—Alex Yapo warga Kampung Doyo lama memanen keuntungan puluhan juta rupiah perbulan berkat pasir kali Dobong yang terhampar di belakang rumahnya, di RT V, distrik Waibu, Kab. Jayapura, Papua.

“Saya bisa mendapatkan puluhan juta rupiah dalam sebulan,” kata ketua RW V, Distrik Waibu yang juga penambang pasir kali ini kepada tabloidjubi.com di lokasi penambangan pasir kali Dobong, tidak jauh di belakang rumahnya.

Menurut Alex, puluhan juta yang ia dapatkan tergantung pembeli pasir yang datang. Bila pembelinya sepi, pendapatan pun kurang. Dan sebaliknya, banjir pembeli, puluhan juta ada ditangan Alex. “Ya, kalau pembelinya banyak, hasilnya juga lumayan banyak. Kalau pembelinya sepi, pasti pemasukan juga kurang,” katanya.

Lanjut Alex, kalau ada proyek, pembeli bisa mencapai dua puluh  sampai tiga puluh truk. “Pembeli bisa mencapai dua puluh truk kalau ada proyek. Satu ret pasir dijual 220 ribu. Harga itu harga yang ditawarkan pembeli pasir. Saya sendiri bilang satu ret 300 ribu tapi mereka tawar jadi tidak masalah,” katanya.  

Sedangkan para sopir truk pembeli pasir di kali Dobong kebanyakan membeli pasir dengan harga 200 ribu dan menjual ke konsumen dua kali lipat hingga lima kali lipat dari harga beli.

“Saya beli pasir 220.000 dan jual dengan harga 600.000 ribu ke pembeli,” kata Trisno, seorang pemilik truk kepada tabloidjubi.com, Sabtu (30/6) di pinggir kali Dobong.

Sopir truk lainnya, Piter Deda mengatakan dirinya membeli dengan harga yang sama, namun menjual dengan harga yang bervariasi berdasarkan kualitas pasir.

“Saya bawa truk keluarga. Kita jual ke konsumen 700 ribu atau 8o0 ribu per ret. Harga beda karena ada pasir yang halus dan kasar,” kata Piter Deda.

Menurut Piter, harga pasir menjadi murah atau mahal juga tergantuk jarak tempuh. Makin dekat jarak pembeli, makin murah, dan makin jauh pembeli makin mahal harganya. “Kalau jual ke Keerom harganya lain. Satu ret satu juta rupiah,” kata pria asli Jayapura ini. (Jubi/Mawel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *