Disnakerduk Gelar Sosialisasi Perencanaan Tenaga Kerja

Disnakerduk Gelar Sosialisasi Perencanaan Tenaga Kerja

Jayapura (31/7) — Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan (Disnakerduk) Provinsi Papua, menggelar sosialisasi perencanaan tenaga kerja makro/mikro bagi setiap Satuan Perangkat Kerja Daerah(SKPD), perusahaan dan instansi vertikal, di Hotel Yasmin Jayapura, Selasa (31/7) sore.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan Provinsi Papua, Yan Piet Rawar mengaku, sosialisasi perencanaan tenaga kerja makro dan mikro sangat penting baik pada instansi pemerintah maupun perusahaan swasta untuk dapat mengetahui kebutuhan kerja pada suatu perusahaan.

“Perencanaan tenaga kerja makro/mikro ini dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan berdasarkan UU Menteri Nomor 16 Tahun 2010 tentang perencanaan tenaga kerja,” kata Yan Piet Rawar, di Jayapura, Selasa (31/7).

Menurut dia, perencanaan tenaga kerja sangat penting dilakukan baik kepada instansi pemerintah maupun perusahaan. Hal ini dilakukan untuk dapat mengetahui kebutuhaan tenaga kerja di Papua yang ada dalam suatu perusahaan, namun yang perlu menjadi perhatian adalah bagaimana kemampuan sumber daya yang ada serta produksi yang ada pada instansi atau perusahaan tersebut dapat dilaksanakan.

“Kompetensi dari sumber daya yang ada, sehingga produksi perusahaan kita dapat berjalan. Dan pelayanan tetap berjalan, karena kita sudah melakukan suatu perenacanaan sumber daya manusia yakni kita telah melaksanakan planning yang baik. Sehingga masuk keluarnya tenaga kerja dapat kita pantau dengan baik ini disebut perencanaan tenaga kerja mikro,” ujarnya.

Dikatakannya, perencanaan ketenagakerjaan makro sangat besar manfaatnya dalam rangka perencanaan tenaga mikro pada suatu perusahaan, menjadi penguatan pada perencanaan tenaga kerja mikro baik pada tingkat provinsi maupun secara nasional.

Dia mencontohkan, misalnya terjadinya pemutusan hubungan kerja dapat dihindari. Tenaga kerja ini skopnya besarnya, jadi jika kita melakukan perencanaan tenaga kerja mikro yang baik akan menjadi penguatan terhadap tenaga kerja makro, sehingga kita dapat mengetahui suplai tenaga kerja.

“Untuk di Papua sendiri penempatan tenaga kerja belum ditempatkan sesuai keahlian, untuk itu perlu dilakukan sosialisasi kepada setiap SKPD agar supaya dapat dimanfaatkan dan diterapkan supaya tersedia data serta informasi pada dinas tenaga kerja,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan tenaga kerja mikro Kementerian Tenaga kerja Parlemen Simanjuntak memberikan apreaseasi kepada Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan Provinsi Papua yang telah memperhatikan serta telah membuat suatu rencana bagaimana mempersiapkan tenaga kerja yang ada di daerah ini untuk dapat berdaya saing pada semua sektor.

Artinya pondasi untuk perencanaan tenaga kerja sudah ada, tinggal bagaimana sektor-sektor untuk mengaplikasikan perencanaan tenaga kerja kepada pemerintah daerah.

“Namun yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana rencana pembangunan kedepan, kalau pembangunan jelas pada semua sektor maka SDM-nya harus di manfaatkan. Artinya, apabila perencanaan tenaga kerja makro dan mikro kita betu-betul dilaksanakan angka pengangguran dapat kita kurangi. Produktivitas dapat kita kurangi, dengan adanya perencanaan tenaga kerja yang ada sekarang ini maka sudah ada pondasi awal atau pedoman awal yang perlu diperhatikan semua sektor,” katanya.

Menurut dia, untuk hal ini Pemerintah Pusat sudah membuat aturan yang jelas, agar semua perusahaan baik perusahaan swasta maupun pemerintah untuk menyusun perencanaan pelaksanaan tenaga kerja makro/mikro.

Dengan adanya perencanaan tenaga kerja makro/mikro maka penyaluran tenaga kerja akan lebih jelas.

Lanjutnya, mengenai tenaga kerja penempatannya maupun pembinaannya sudah jelas jangan sampai perusahaan yang ada di Papua tidak mendayagunakan sumber daya manusia yang ada.

“Jadi problemnya itu adalah kita lakukan kerjasama dengan semua instansi terkait baik pemerintah maupun swasta bersama-sama membangun Papua melalui SDM yang memumpuni,” kata Simanjuntak.(Jubi/Alex)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *