Jelang Idul Fitri, Dinas Peternakan Papua Siapkan 80 Ekor Sapi

Jayapura (31/7)—Untuk memenuhi kebutuhan umat Muslim akan daging sapi menjelang hari raya Idul Fitri 1433 Hijriah. Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Papua menyediakan sebanyak 80 ekor ternak sapi untuk dijual kepada masyarakat.  

“Kita menyiapkan 80 ekor sapi untuk memenuhi kebutuhan akan daging pada saat Idul Fitri. Dan untuk menjualnya nanti kita kerja sama dengan para pedagang di Jayapura,” kata Sekertaris Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Papua, Sri Kusbianti, usai mengikuti dialog interaktif yang digelar Biro Humas dan Protokol Setda Papua dengan topik program dan kegiatan Dinas Perkebunan dan Peternakan dalam rangka meningkatkan pemberdayaan masyarakat, di studio RRI Jayapura, Selasa (31/7).

Dia menegaskan, dalam rangka mendukung program nasional terkait rencana swasembada sapi dan kerbau di tahun 2012, Provinsi Papua yang meski bukan penghasil sapi, berupaya mewujudkannya melalui sejumlah kegiatan. Antara lain, dengan melakukan inseminasi buatan atau kawin suntik, memberikan betina produktif atau mencegah pemotongan sapi betina.

“Jadi, soal swasembada sapi dan kerbau di tahun 2014 itu memang program nasional, ya cuma bagaimana pun juga kan Papua masuk didalamnya. Sehingga hal-hal yang kita lakukan adalah bagaimana mewujudkan walaupun mungkin kita masih jauh. Tetapi paling tidak kita ada kontribusi untuk mewujudkan itu melalui beberapa kegiatan,” tuturnya.

Dikatakanya, sampai dengan saat ini Provinsi Papua masih mendatangkan sapi dari Nusa Tenggara Timur yang menjadi satu-satunya sumber bibit untuk dikembangbiakan di Papua. Sementara upaya lain yang dilakukan untuk mengembangbiakan sapi adalah dengan memberikan pelatihan kepada para peternak sapi.

“Sampai dengan saat ini, produksi sapi terbesar di Papua masih disumbang antara lain oleh Kabupaten Merauke dan Nabire. Kedua kabupaten tersebut hingga saat ini masih menjadi penyuplai daging terbesar untuk Kota Jayapura serta wilayah lainnya dibumi cenderawasih,” katanya. (Jubi/Alex)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *