Menhub Akan Berikan Bus ke Pemprov Papua

Jayapura (31/7)—Pemerintah Provinsi Papua dalam tahun ini, akan mendapat bantuan Bus dari Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia. Yang mana nantinya kendaraan tersebut akan digunakan untuk mengangkut penumpang dari Kabupaten Keerom, Jayapura dan Sentani.

“Jadi bus tersebut seperti bus antar Kabupaten/Kota, hanya saja tidak parkir atau masuk ke terminal. Ada tempat-tempat khusus yang akan disinggahi,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Bambang Siswanto, di Jayapura, Selasa (31/7).

Ia menjelaskan, bus bantuan Menhub tersebut akan dilengkapi dengan AC dan perlengkapan lainnya. Tidak seperti bus-bus yang ada sekarang di Papua.

“Bus ini sudah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang bagus. Walaupun dengan fasilitas bagus, tetapi masyarakat juga harus menjaga dan merawatnya,” tandasnya.

Lanjutnya, operasional bus ini nantinya, masyarakat atau penumpang tidak perlu turun dan mengganti kendaraan lain. Karena, bus ini akan melayani sampai di tujuan. “Artinya, penumpang dari Kabupaten Keerom tujuan Sentani, tidak perlu turun di Abepura, bus ini akan langsung ke Sentani,” tambahnya.

Saat ditanya apakah Bus ini akan melayani hingga ke Kabupaten Sarmi, kata Bambang, angkutan transportasi darat ke Kabupaten Sarmi ada sendiri, bus ini khusus untuk melayani masyarakat yang ada di Kabupaten Keerom, Kota Jayapura dan Sentani.

“Sebelum Menhub memberikan bantuan bus ini, Dinas Perhubungan Provinsi Papua dan Dirjen Kementeriaan Perhubungan Darat sudah melakukan study kelayakannya. Jadi, awal tahun 2012, studinya sudah dilakukan, dan sangat layak dan mendapat apresiasi dari Menhub untuk segera merealisasikan program tersebut,” ujarnya.

Sementara mengenai berapa banyak bantuan Bus yang akan diberikan Menhub untuk tahap pertama ini, Bambang menyatakan, dirinya belum mendapat informasi tersebut. Namum, bantuan itu tetap akan diberikan pada tahun ini.

“Soal berapa banyak bantuan bus dari Menhub kami belum tau, tetapi dalam tahun ini bantuan itu pasti ada, yang penting dapat dulu, satu atau dua bus, kita tetap mengucapkan terima kasih, karena dengan adanya bus ini bisa membantu transportasi di wilayah Jayapura dan sekitarnya,” katanya.(Jubi/Alex)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *