Papua Siap Terima Putusan MK Soal Pemilukada Gubernur

Jayapura (30/8)—Pemerintah Provinsi Papua mengaku siap menerima apapun hasil keputusan yang akan dikeluarkan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai Pemilukada gubernur dan wakil gubernur Papua pada pekan depan. Hal itu terungkap saat pertemuan Forkompimda bersama tokoh masyarakat, agama dan pemuda yang digelar di Gedung Negara, Jayapura, Kamis (30/8).

Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Constan Karma, mengatakan, pertemuan forkompimda bersama para tokoh adalah untuk membangun kesepakatan menerima MK yang akan keluar. “Dimana dari pertemuan ini, kami semua sepakat apapun keputusan MK kami sudah siap menerima dan melaksanakan itu,” tambahnya.

Menanggapi itu, Constan Karma berharap, dengan adanya pertemuan Forkompimda dengan para tokoh adat dan masyarakat hal-hal yang selama ini ditakuti oleh masyarakat tidak terjadi. “Saya kira masyarakat luas yang ada di Papua bisa memahami para pemimpin di Papua sedang bertemu untuk suatu kebaikan bahwa apapun keputusan MK soal Pemilukada tetap kita terima dan hargai untuk kelangsungan di Papua. Supaya kita segera memiliki gubernur dan wakil gubernur yang baru,” katanya.

Saat ditanya soal ketidakhadiran KPU dan DPR Papua, ujar Constan, dalam pertemuan ini pihaknya tidak menyelesaikan masalah disini. Pasalnya forum ini adalah untuk duduk bersama dalam rangka menyambut hasil putusan MK soal Pemilukada dalam minggu yang akan datang. “Saya kira ketidakhadiran KPU dan DPR Papua dalam pertemuan ini bukan suatu masalah bagi kami,” tandasnya.

Sementara menyinggung soal banyaknya peristiwa yang terjadi jelang putusan MK apakah juga dibahas dalam pertemuan kali ini, tegas Karma, pihaknya tidak membahas hal itu, tetapi lebih fokus kepada bagaimana menyambut keputusan MK yang akan keluar minggu depan.

“Kalau kita yang duduk bersama sudah sepakat pasti akan berjalan baik. Menurut informasi yang beredar di media, Koordinator kawasan timur mengatakan keputusan MK akan keluar sebelum tanggal 7 September 2012 mendatang,” katanya. (Jubi/Alex)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *