Jangan Jadikan Deiyai Sebagai Lahan Bisnis

Jayapura (31/8)Terkait masa waktu pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) putaran kedua di kabupaten Deiyai, Nabire, Papua,  yang belum pasti sampai saat ini, Dance Takimai, salah satu kandidat dengan pasangan calon Agustinus Pigome yang lolos dalam pemilukada pertama meminta agar kabupupaten Deiyai jangan dijadikan sebagai lahan bisnis atau tempat untuk mencari uang.

 “Pemilukada putaran kedua harus segara dilakukan lantaran pemilu pertama digugat,”ujar Dance Takimai kepada wartawan di Dante Café di Jayapura, Jumat (31/8).

Dance berharap, kabupaten Deiyai tak boleh dijadikan lahan untuk mencari uang dari karteker bupati ke karateker bupati lainnya. “Saya harap, jangan daerah ini dijadikan seabgai tempat untuk mencari uang atau keuntungan,” tuturnya. Dance mengaku, sebagai putra asli Deiyai yang sudah lama mengabdi di pemerintahan, kecewa karena selama lima tahun kabupaten ini belum memiliki bupati definitif.

“ Saya sebagai masyarakat, sebagai tokoh pemuda, tapi juga sebagai tokoh intelektual kabupaten Deiyai kami mau segera ada bupati,” harapnya. Lanjut dia, dengan adanya bupati, tugas pemerintahan, pembinaan kemasyarakatan dan pembinaan keuangan daerah dapat berjalan. Semua porgam-program pengembangan masyarakat harus cepat berjalan. “Kami mau Deiyai aman karena semua komponen masyarakat sudah menerima bupati baru yang akan terpilih.”

Lelaki asal Deiyai ini menambahkan, jangan pemilukada menimbulkan konflik diantara masyarakat.  Sebagai pelaku pembangunan, orang pertama yang bertugas di Deiyai, dasar-dasar pembangunan yang sudah ditetapkan terus dilanjutkan dengan kondisi yang aman, tertib, dan terkendali. “Semua komponen rakyat sudah tau akan hal ini,” ujarnya.

Pemilukada Kabupaten Deyai periode 2012-2017 putaran pertama sudah selesai dan KPUD Kabupaten Deyai melalui pleno, pada Selasa 17 April 2012 menetapkan bahwa dari sembilan pasangan calon yang jadi peserta Pemilukada, hanya dua pasangan calon yang maju ke putaran kedua. Yaitu pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Deiyai periode 2012 – 20127, Natalis Edowai, SE-Mesak Pakage. S.Sos dengan perolehan suara 8.508 dan Dance Takimai, A.Ks-Kagus Pigome, A.Mdp dengan perolehan suara 6.531.

Dengan hasil pleno KPUD Kabupaten Deyai tersebut, tujuh pasangan calon yang tidak lolos ke putaran kedua melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). (Jubi/Abubar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *