Ini Peran Media Dalam Advokasi

Manokwari (29/9)Media mempunyai peranan penting dalam melakukan advokasi masyarakat. Media adalah salah satu alat strategis untuk mengungkap suatu masalah masyarakat.

Hal ini dikemukakan Wirya saat memfasilitasi Kelompok V yang membahas soal strategi media dalam mengadvokasi penyelamatan manusia dan hutan Papua. Bagi dia, peran media sangat penting. Media sangat cepat untuk menginformasikan tentang sesuatu. “Peran media sangat penting untuk memberikan informasi mengenai satu masalah ke publik,” ujarnya di ruang kuliah Fakultas Ekonomi Unipa Manokwari, Jumat (29/9).

Wirya mencotohkan, salah satunya adalah twiter. Saat ini, twiter banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk menyebar luaskan suatu kejadian. Bagi Wirya, meskipun informasi yang disebarkan melalui twiter tersebut pendek dan singkat namun secara tidak langsung telah mengadvokasi suatu masalah. “Peran media sangat penting. Karena, informasinya cepat tersebar ke khalayak umum,” tuturnya.

Media bukan hanya media cetak dan elektronik yang terkenal dan sah yang dapat mengadvokasi masalah masyarakat. Poster, spanduk, pamflet, pamflet, twiter, jejaring sosial facebook dan film pendek juga media yang praktis untuk mengadvokasi dan menyebarkan luaskan suatu masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Lebih mudah dan cepat informasi tersalurkan melalui media-media ini.

“Poster, spanduk, pamflet, pamflet, twiter, jejaring sosial facebook dan film pendek adalah media yang praktis untuk mengadvokasi suatu masalah. Bukan berarti media cetak dan elektronik yang sah tidak. Media ini juga digunakan,” Andi Saragih dari Yayasan Mnukwar di Manokwari.

Joko Wahyono dari Yayasan Air Putih Jakarta mengatakan, website, twiter, blog dan lainnya adalah media yang membantu pekerja HAM dalam mengadvokasi suatu masalah. “Media adalah suatu langkah strategis yang membantu pekerjaan pekerja HAM,” ujarnya. Menurutnya, citizem journalist atau laporan warga melalui sms dateway juga sebenarnya media yang membantu pekerja HAM dalam melakukan advokasi. (Jubi/Musa)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *