Papua Urutan Ketiga Nasional Pada Porcanas Riau

Jayapura, (15/10) ––  Pekan olahraga cacat nasional (Porcanas) yang baru saja usai digelar di Riau Pekanbaru, Papua mencatat 26 medali emas. Penyumbang emas Papua masing-masing di cabang futsal, tenis meja dan renang. Cabang renang penyumbang medali emas terbanyak dengan 24 medali. Dalam momentum itu, Papua di urutan ketiga nasional, sesudah Jawa Tengah dan Jawa Barat.

 

“Sebenarnya Papua bisa dapat 1 tambahan medali emas di cabang angkat berat, kalau saja pelatih yang tidak gegabah dalam mengatur strategi. Pasalnya di angkatan 65 Kg atlit atas nama Helen yang tidak ada lawan lagi. Maka dalam aturan main, yang bersangkutan harus memecahkan rekor atas nama dirinya dengan angkatan diatas itu. Jika tidak ada lawan, dia harus memecahkan rekor. Rekornya harus lebih,”ujar Wakil Sekretaris KONI Papua, Drs. Th. Pasaribu.

 

Seharusnya dia dinaikan beban 2 Kg saja menjadi 67 atau 70 Kg saja sudah mencatat rekor dan dapat emas. Kenyataannya pelatih mengatur beban dengan angkatan 85 Kg.
“Helen yang berusaha angkat sebanyak 3 kali, gagal dan tidak berhasil memecahkan rekor dan tidak peroleh medali emas,”ujar Pasaribu di Kantor KONI Papua, APO Jayapura, Senin, (15/10).

 

Anggota Litbang KONI Papua, DR. Ferdinand Risamasu mengaku sepantasnya atlit cacat diberi perhatian yang lebih karena mereka berhasil membawa nama Papua di ajang Porcanas.
Stien Mebri anggota Audit KONI Papua mengaku atlit cacat sepantasnya diapresiasi karena mereka sendirilah yang memahami diri mereka sendiri.
“Mereka memahami keadaan mereka,”ujar Stien Mebri. Di cabang renang, 3 atlit Porcanas Papua berhasil memecahkan rekor Asia Para Games. (Jubi/Roberth Wanggai)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *