Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Masyarakat minta infrastruktur jalan di sejumlah distrik diperbaiki
  • Rabu, 27 September 2017 — 14:38
  • 314x views

Masyarakat minta infrastruktur jalan di sejumlah distrik diperbaiki

Infrastruktur jalan menuju sejumlah distrik di wilayah pembangunan III kabupaten Jayapura saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Jalan yang kebanyakan belum beraspal ini sering mengalami hambatan untuk dilalui ketika hujan turun, berlubang, dan juga berada dekat tepi jurang.
Jalan menuju distrik Yapsi yang sering dilalui masyarakat  - Jubi/Engel Wally 
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Sentani, Jubi - Infrastruktur jalan menuju sejumlah distrik di wilayah pembangunan III kabupaten Jayapura saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Jalan yang kebanyakan belum beraspal ini sering mengalami hambatan untuk dilalui ketika hujan turun, berlubang, dan juga berada dekat tepi jurang.

Tokoh masyarakat lembah Grimimenawa, Piter Damtru, mengatakan infrastruktur jalan menuju distrik Yapsi, Gresi Selatan, Tanah di Distrik Yapsi, Lereh, dan sebagian besar kampung-kampung di wilayah ini masih juah dari memadai. Sangat sulit untuk menjangkau daerah tersebut karena buruknya infrastruktur jalan di sana.

Menurutnya, fasilitas penghubung ini harus segera diperbaiki oleh pemerintah agar layanan masyarakat juga dapat berjalan efektif. Termasuk angkutan hasil sumber daya alam yang akan dipasarkan ke kota tidak terhalang karena kondisi jalan yang tidak memungkinkan mereka ke kota.

"Memang sudah ada jalan utama yang biasa dilewati masyarakat namun tidak beraspal seperti layaknya jalan di kota. Ketika musim hujan turun masyarakat di daerah pinggiran kota ini kesulitan membawa hasil kebun mereka untuk dipasarkan di kota. Jalan ini setiap hari dilewati kendaraan bertonase lebih besar dibandingkan kendaraan umum lainnya," jelas Piter, saat ditemui di Sentani, Rabu (27/9/2017).

Kendati demikian, kata Damtru, Pemerintah Kabupaten Jayapura saat ini masih dalam proses pelaksanan pilkada yang belum tuntas. Mereka berharap ketika sudah ada kepemimpinan yang definitif, dapat memperhatikan persoalan ini.

"Hal ini sudah kami sampaikan juga kepada anggota dewan yang berkunjung ke daerah kami. Nantinya ketika sidang Dewan, kami harap agar persoalan ini dapat diakomodir guna pelaksanaan pembangunan yang lebih baik lagi," ujarnya.

Warga distrik Yapsi, Jhon Waicang, mengatakan jalan yang menuju ke beberapa kampung di distrik Gresi Selatan juga sangat memprihatinkan.

"Misalnya kita mau ke kampung Iwon dan Omon, harus memutar ke distrik Yapsi baru bisa menuju ke dua kampung ini karena jalur jalan dari distrik ini sedikit lebih baik dari pada jalur lain. Oleh sebab itu, fasilitas layanan sebagai penghubung kampung satu dengan yang lain harus diperbaiki. Kalau kita putar ke Yapsi dulu jaraknya lebih jauh," ungkapnya.

Wilayah pembangunan III kabupaten Jayapura sebagian besar berada di kawasan lembah Grime dan Nawa yang meliputi 10 distrik, diantaranya Distrik Yapsi dan Gresi Selatan. (*) 

 

Sebelumnya

Kios dan lapak di pasar Pharaa masih banyak kosong 

Selanjutnya

Atasi sampah, pemerintah distrik Sentani launching bank sampah di Komba 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe